-->

Unit Iklan Responsif Header

Gambar Skema Cara Menggulung Dinamo Pompa Air SHIMIZU 125 Watt 24 Alur

Baiklah pada kesempatan kali ini saya mau berbagi tentang motor listrik yang lebih tepatnya mengenai cara menggulung motor listrik atau juga bisa disebut dinamo. Seperti yang anda tahu sendiri bahwa terdapat berbagai macam dinamo yang merupakan mesin penggerak untuk berbagai macam keperluan seperti halnya pada peralatan rumah tangga listrik seperti kipas angin, pompa air, mesin cuci dan masih banyak lagi.

Namun untuk saat ini saya akan khususkan berbagi mengenai cara menggulung dinamo pompa air merk Shimizu saja karena pada dasarnya setiap dinamo memilki rumus maupun skema lilitan yang berbeda-beda tergantung kebutuhan serta besar kecilnya dinamo tersebut. Bahkan, pada sebuah produk pompa air saja memiliki perbedaan skema antara merk satu dengan yang lain.

Dibawah ini adalah gambar skema gulungan dinamo pompa air merk Shimizu 125 watt yang juga sudah saya sertakan data lilitannya.

Gambar Skema Gulungan Shimizu 125 Watt
Warna merah dan hitam untuk dihubungkan ke sumber tegangan listrik PLN. Sedangkan untuk warna abu-abu nantinya akan langsung dihubungkan ke kapasitor.

Data Lilitan Shimizu 125 Watt
Saya sarankan bagi anda yang mungkin masih pemula dan kesulitan saat memasukkan kawatnya anda bisa mengurangi jumlah lilitannya tapi jangan terlalu banyak karena semakin banyak anda menguranginya maka akan semakin cepat panas dinamonya nanti.

Anda bisa mengurangi lilitan bantu (starting) masing-masing 5 putaran misal 50,80,160,160 menjadi 45,75,155,155. Begitu juga dengan lilitan utama (running) anda bisa menguranginya masing-masing minimal 3 putaran, misal 45,75,111,121 menjadi 42,72,108,118.

CATATAN : Skema ini bisa anda terapkan pada pompa air shimizu dengan type sebagai berikut.
PS-121BIT
PS-125BIT
PS-126BIT
PS-128BIT
PS-130BIT
PS-135E
Karena memang semua type diatas memiliki kesamaan dalam hal daya listrik yang dipakai (watt), serta juga terdapat kesamaan pada ukuran kern dinamo dan juga ukuran capasitornya yakni sebesar 8uf/450volt.

Dan selain type diatas anda juga bisa menerapkan skema gulungan diatas pada kern dinamo yang sama ukuran dan alurnya meski pompa air tersebut bermerk lain. 

Lihat juga video ini


Sekian dari saya semoga bisa bermanfaat.

27 Responses to "Gambar Skema Cara Menggulung Dinamo Pompa Air SHIMIZU 125 Watt 24 Alur"

  1. manatap, cukup detail untuk saya yang mau belajar gulung pompa air.
    yang mau saya tanyakan berapa gram jumlah kawat 0.45 dan kawat 0.35?
    supaya saya belinya gak kebanyakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending beli 1/5kg aja gan
      Itung itung buat belajar lagi

      Delete
    2. Kl ukuran kawat sama g mana bos bisa ngga

      Delete
  2. saya kok agak bingung ya pak. itu ada jalur utama dan bantu numpuk dalam satu lobang, misalnya nomor 21 dan 22. saya pernah ke jasa gulung pompa simizhu dengan susunan 2 kutub 6 alur. satu alur 2 lobang. jadi total 24 lobang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh .. yang mas maksud itu adalah model alur baru .. kalok yang di atas itu alur model lama mas .. jumlah kawatnya lebih banyak memang tapi lebih awet ..

      Delete
  3. Lolerrr, coba diperiksa lagi mas mungkin ada yang salah saat proses menggulungnya... Seharusnya dengan menerapkan hitungan lilitan seperti diatas maka gulungan akan lebih adem soalnya itu rumus gulungannya lebih baik daripada yang model pompa air terbaru saat ini ..

    ReplyDelete
  4. bisa diaplikasikan ke jetpam ga bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak bisa .. karena ada perbedaan dari segi ukuran kawat serta alurnya... Kalau memang pengen rewinding pompa jetpump langsung hitung aja mas ukuran kawat email serta alurnya .. untuk proses gulung nya sama aja kok bahan-bahannya yang beda kan cuma skemanya aja ..

      Delete
  5. Kalau itungan untuk 8 bit punya ngga bos,. Untuk dinamo shimizu

    ReplyDelete
  6. bang klo belajar ke abang langsung bisa ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mas karena kesibukan setiap hari saya tidak bisa....

      Delete
  7. Mohon pencerahan nya bang skema itu kalo di aplikasikan pada shimizu ps 116 bit bisa ngak bang. Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa tapi ukuran kawat email serta jumlahnya perlu dihitung lagi...

      Delete
  8. Kalo skema yg ini bisa diaplikasikan ke pompa air lain gk, kayak panasonic 125 watt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa sebenarnya tapi ya harus tahu ukuran dan jumlah lilitan nya, intinya harus pas atau cocok dengan kapasitas kerennya sehingga suhu akan stabil atau sesuai .... Kalau saya sendiri lebih suka cari data dari dinamo terdahulu yang terkenal awet gan ...

      Delete
  9. Berapa diameter pada lilitan ke 1,2,3&4 ya??

    ReplyDelete
  10. Mas kalo gmn cara hitung jumlah lilitan perslot dan menentukan diameter kawatnya untuk motor listrik? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung dibongkar kawatnya tapi cara bongkar kawat harus perlahan satu persatu dan dihitung ... Untuk diameter juga bisa mengikuti ukuran kawat yang dibongkar atau diukur manual dengan perkiraan saja..

      Delete
  11. Izin admin, saya ada artikel tentang Jenis Saklar Mungkin teman teman disini ada yang mau berkunjung di postingan saya, supaya tambah ilmu dan mendapatkan banyak pengetahuan tentunya. Terima Kasih Admin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh salah masukin link, kok ga bisa dihapus ya?

      Delete
  12. Sangat membantu. Top markotop

    ReplyDelete
  13. Kalau untuk skema shimizu semi jet 108 bit ada gan?

    ReplyDelete
  14. Izin belajar gan, saya mau tanya posisi gulungan running di tengah atau yg pinggir..mohon pencerahanya trm ksh..

    ReplyDelete

HTL Responsif Atas Artikel

Unit Iklan 336x280

Unit Iklan Responsif Tengah Artikel

HTL Responsif Bawah Artikel