-->

Unit Iklan Responsif Header

Berikut Langkah Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total

Jika anda seorang yang awan untuk masalah barang elektronik, maka bisa dipastikan anda akan mengalami kebingungan dan kesulitan ketika ingin memperbaiki kipas angin yang tidak mau berputar sama sekali bahkan tidak ada respon dinamo bergetar atau semacamnya.  Namun, meskipun anda tidak memiliki dasar atau basic mengenai kelistrikan sama sekali, asalkan anda mau belajar dan memiliki nyali untuk membongkar pasang dan memahami cara kerjanya, maka memperbaiki kipas angin bukan lagi menjadi hal yang sulit untuk anda lakukan.

Misalnya dengan kasus kipas angin yang mati total ini, tentu tak ada salahnya jika anda mencoba memperbaikinya sendiri di rumah, karena siapa tahu kerusakannya ternyata tidak begitu parah semisal hanya kabelnya saja yang putus atau hanya perlu sedikit sentuhan perbaikan saja pada beberapa bagiannya yang rusak.

Baiklah untuk memperbaiki kasus kipas angin mati total ini ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mencari penyebabnya.

Berikut Langkah Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total

Kipas angin yang mati total umumnya disebabkan oleh beberapa macam kerusakan yang berhubungan dengan putusnya jalur kelistrikan pada kabel kipas angin itu sendiri, misalnya putusnya kabel power atau colokan listriknya, tombol speed atau saklar kecepatan kipas angin yang rusak atau tidak normal dan bisa juga karena thermofuse pada dinamo sudah putus. Maka dengan demikian, anda harus mencari terlebih dulu letak kerusakan ini sebelum melakukan perbaikan, caranya yaitu dengan memeriksa satu persatu kondisi koneksi jalur kabelnya. Untuk lebih jelas mengenai langkah cara perbaikannya langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Periksa Kabel Power Dan Colokan

Langkah pertama adalah coba periksa kabel power bagian luar apakah ada tanda-tanda yang mengindikasikan kabel putus, seperti plastik colokan meleleh, kabel di gigit tikus dan lain-lain. Jika tidak, maka kita lanjutkan dengan memeriksa pada bagian dalam kabel dengan cara mengetesnya dengan AVO meter, periksa apakah kondisi kabel masih terhubung. Jika putus maka sambung kabelnya kembali atau bisa langsung ganti dengan kabel baru.

Cek Kondisi Saklar Kecepatan

Jika kondisi kabel power dipastikan masih dalam keadaan yang baik-baik saja, maka bisa kita lanjutkan pemeriksaannya pada tombol/saklar kecepatan. Periksa kondisi tombolnya biasanya kerusakan di tandai dengan titik kontaknya yang meleleh, bengkok atau tanda kejanggalan lainnya. Jika tidak terdapat tanda-tanda bermasalah secara kasat mata, maka untuk lebih memastikannya lagi lakukan pemeriksaan dengan menggunakan alat bantu seperti AVO meter jika tak punya taspen pun bisa. kalau seandainya tombolnya rusak lakukan penggantian, anda bisa mendapatkannya di toko-toko elektronik terdekat di daerah anda.

Periksa Juga Kondisi Thermofuse Serta Dinamonya

Kerusakan yang paling sering terjadi untuk masalah kipas angin mati total adalah karena disebabkan oleh putusnya thermofuse, benda ini biasa dipasang secara seri dan ditempatkan di dalam dinamo untuk difungsikan sebagai pengaman dinamo dari overheating atau panas lebih, fungsinya ini hampir mirip seperti layaknya sekring listrik di rumah. Jika thermofuse ini putus maka akan membuat dinamo mati total karena suplai energi listriknya diputus oleh thermofuse ini.

Jadi, anda juga perlu melakukan pengecekan terhadap thermofuse ini apakah kondisinya masih nyambung atau putus, untuk memeriksanya seperti biasa anda bisa menggunakan alat bantu AVO meter, Jika thermofuse putus anda bisa menyambungnya kembali secara langsung tanpa diganti atau jika ingin lebih aman anda bisa menggantinya dengan thermofuse yang baru.

Biasanya sih hanya fusenya saja yang putus dan masalah pun teratasi, akan tetapi terkadang ada bagian lilitan dinamo yang putus. Untuk mengecek kondisi dinamo anda harus menggunakan AVO meter, pada bagian dinamo biasanya akan ada 4 kabel yang keluar dan diantara keempat kabel itu ada 3 yang terhubung langsung dengan tombol dan yang satunya langsung menuju sumber listrik. Gunakan AVO meter untuk mengecek kondisi dinamo arahkan saklar multitester/AVO pada Rx1K ohm, hubungkan satu jarumnya ke satu kabel dari dinamo yang langsung ke sumber listrik tadi dan satunya lagi ke tiga kabel dinamo tadi, cek satu per satu ketiganya secara bergantian. Apabila saat dicek ada kabel yang putus itu berarti ada kerusakan pada bagian dinamonya.

Jika hal ini sampai terjadi maka tidak ada pilihan lagi selain mengganti ulang dinamonya, karena perbaikan dinamo kipas angin bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan oleh setiap orang karena membutuhkan keahlian khusus. Mungkin anda bisa menggunakan jasa reparasi dinamo namun itupun belum tentu berhasil dan biasanya pihak tuser akan menyarankan agar anda mengganti saja dinamonya.

Itulah beberapa langkah cara memperbaiki kipas angin mati total, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda, silahkan gunakan kotak komentar apabila ada sesuatu yang ingin anda sampaikan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 Response to "Berikut Langkah Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total"

Post a Comment

HTL Responsif Atas Artikel

Unit Iklan 336x280

Unit Iklan Responsif Tengah Artikel

HTL Responsif Bawah Artikel