-->

Unit Iklan Responsif Header

Contoh Perencanaan Instalasi Listrik Rumah Tangga Yang Aman Dan Efisien

Menginstalasi listrik untuk rumah tangga harus dilakukan dengan tepat, hal ini bertujuan untuk keamanan kita sendiri dan sudah selayaknya bagi kita untuk menjaga diri sendiri ataupun orang lain dari bahaya listrik. Selain keamanan perlu juga kita lakukan pemasangan instalasi yang efektif dan efisien, hal ini bertujuan untuk memberikan sebuah kenyamanan di dalam penggunaan listrik.

Bukan hanya masalah penempatan titik saklar, stop kontak atau lampu yang akan dipasang, namun anda juga harus memperhatikan pula kualitas barang atau material bahan yang dipakai karena semakin baik kualitas barang yang dipakai, maka akan semakin memberikan kepuasan saat anda gunakan dan yang lebih penting lagi yaitu mampu memberikan keamanan dalam meminimalisir dari resiko bahaya listrik.

Pemasangan area bangunan rumah setelah kwh meter dari PLN biasanya akan dikerjakan oleh tukang instalasi atau jasa instalatir lainnya, instalasi yang dipasangpun juga ditentukan sesuai dengan keinginan atau kebutuhan pemilik bangunan. Tentunya kita sebagai pemilik rumah berhak untuk mendapatkan kualitas kerja yang baik dari jasa instalatir yang telah kita panggil, hal ini mengingat instalasi listrik yang dipasang nantinya akan menemani keseharian kita sehingga sangat perlu untuk mencari tukang instalatir berkompeten yang mengerti masalah keselamatan dan keamanan dalam bidang instalasi kelistrikan.

Kerapian serta kekuatan sambungan kabel di saat menginstalasi sangat penting untuk diutamakan, karena tak jarang juga terjadi masalah kebakaran yang hanya disebabkan karena kualitas pemasangan kabel listriknya yang kurang bagus misalnya sambungan kabelnya kurang kuat atau longgar sehingga mengakibatkan beban listrik yang tidak efisien dan akibatnya timbul percikan api yang bisa membuat kebakaran ataupun konsleting listrik.

Artikel Terkait : Berikut Cara Mencegah Atau Menghindari Bahaya Konsleting Listrik ??

Nah oleh karena itu, disinilah peranan penting sebagai pemilik rumah yang memang memiliki hak untuk memasang instalasi yang diinginkan, maka tak ada salahnya apabila anda merencanakan instalasi yang aman dan efisien untuk dikerjakan tukang instalatir di rumah anda, misalnya dengan melakukan cara instalasi yang aman berikut ini.

Contoh Perencanaan Instalasi Listrik Rumah Tangga Yang Aman Dan Efisien

Dibawah ini adalah contoh gambar instalasi yang berkelompok dengan memisahkan perkakas rumah tangga yang berdaya besar seperti AC, Pompa air, dll.
Dengan cara instalasi seperti ini maka masalah keamanan pun lebih terjaga, meski bahan material yang diperlukan akan lebih banyak sehingga cukup mengeluarkan banyak biaya. Bagi anda yang memang merasa biayanya kurang memungkinkan untuk melakukan cara instalasi di atas, maka setidaknya bagilah dua group MCB, misalnya MCB pertama untuk instalasi saklar lampu sedangkan MCB kedua untuk mengelompokkan perkakas rumah tangga seperti pompa air, mesin cuci dan lain-lain.

Keuntungan memasang instalasi ini ialah
1. Apabila salah satu dari kelompok MCB mengalami kelebihan beban atau konsleting listrik maka tidak akan berimbas ke kelompok yang lainnya.
2. Jika terjadi kerusakan dan membutuhkan perbaikan maka akan lebih memudahkan kita dalam memperbaikinya.
3. Tingkat keamanan yang tinggi karena setiap MCB akan mengamankan kelompoknya masing-masing.

Dalam instalasi juga dianjurkan untuk setiap peralatan atau perkakas rumah tangga listrik yang memiliki daya besar seperti AC, Pompa air, Kulkas, Mesin cuci, dan lain-lain untuk dibuatkan jalur atau kelompok sendiri yang bertujuan untuk mencegah terjadinya overload (beban yang melebihi kapasitas) atau dari bahaya konsleting listrik.

Mungkin cukup sekian dulu untuk artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat.

0 Response to "Contoh Perencanaan Instalasi Listrik Rumah Tangga Yang Aman Dan Efisien"

Post a Comment

HTL Responsif Atas Artikel

Unit Iklan 336x280

Unit Iklan Responsif Tengah Artikel

HTL Responsif Bawah Artikel