-->

Unit Iklan Responsif Header

Fungsi Tabung (Pressure Tank) Pada Mesin Pompa Air

Penggunaan tabung atau pressure tank pada mesin pompa air bisa dibilang cukup penting, tabung atau pressure tank biasanya diaplikasikan pada beberapa jenis pompa air tertentu yang menggunakan sistem otomatis tekanan air atau pressure switch.
Source images : m.tokopedia.com
Pengoperasian mesin pompa air tanpa menggunakan tabung memang masih memungkinkan untuk dilakukan dan tidak akan menjadi masalah yang berarti, namun hal ini terkecuali untuk penggunaan mesin pompa air dengan pressure switch, itu karena sistem otomatis tekanan air atau pressure switch tersebut memang membutuhkan tabung atau pressure tank sebagai penunjang kinerjanya supaya otomatis bisa bekerja secara optimal.

Meski keberadaan komponen tabung pada mesin pompa air cukup penting, namun pada umumnya kebanyakan dari pengguna pompa air bahkan belum tahu apa fungsi dan kegunaan dari tabung tersebut. Nah bagi anda yang mungkin masih belum paham mengenai fungsi tabung tersebut, anda bisa menyimak ulasannya dibawah ini tentang fungsi dari tabung atau pressure tank pompa air.

Fungsi Tabung (Pressure Tank) Pada Mesin Pompa Air

1. Sebagai pendukung kinerja sistem otomatis tekanan air (pressure switch). Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa fungsi sebenarnya dari tabung pompa air ini adalah sebagai penunjang kinerja dari pressure switch supaya dapat bekerja secara optimal. Fungsi kerja tabung ini saat pengoperasian pressure switch ialah untuk mengatur tekanan balik terhadap ruang impeller agar bisa berjalan dengan lebih lembut sehingga proses memicu otomatisnya juga akan bekerja lebih lembut dan teratur tanpa ada lonjakan secara cepat.

Jika dipaksakan untuk tidak memakai tabung atau pressure tank dalam pengoperasian saklar otomatis pressure switch maka yang akan terjadi adalah mesin pompa air anda akan semakin sensitif terhadap kebocoran sehingga mesin akan sering mengalami hidup mati sendiri secara tidak beraturan dengan disertai lonjakan kasar pada saat perpindahan kondisi mesin dari hidup ke mati, hal ini dikarenakan oleh proses kerja otomatis pompa air yang kasar atau tidak beraturan akibat tidak memakai tabung atau pressure tank.

Oleh karena itu, bagi anda yang masih menggunakan pressure switch untuk pompa air anda maka melepas tabung tidaklah disarankan karena mengingat fungsi utama dari tabung itu sendiri sangatlah penting untuk penunjang kinerja dari sistem otomatis pressure switch pada mesin pompa air anda.

2. Untuk memaksimalkan daya dorong pada mesin pompa air. Umumnya setiap pompa air biasanya akan mengalami penurunan pada kualitas daya dorongnya yang hal ini dipengaruhi langsung oleh seberapa panjang dan tingginya tanjakan pipa dorong yang terpasang hingga ke ujung kran. Yang perlu diperhatikan adalah semakin jauh dan tinggi tanjakan, maka akan semakin bertambah besar pula penurunan daya dorong yang akan dialami oleh pompa air sehingga debit semburan akan berkurang mengikuti panjangnya pipa saluran air tersebut.

Nah, dalam hal ini fungsi tabung sendiri bisa digunakan juga untuk memaksimalkan kekuatan daya dorong pada sebuah pompa air agar debit semburannya lebih optimal, jika anda coba bandingkan antara pompa air dengan tabung dan tanpa tabung untuk keperluan menyalurkan air yang jauh maka hasilnya pompa air dengan tabung akan lebih unggul dalam segi debit semburannya, hal ini dikarenakan proses penurunan daya dorongnya lebih sedikit ketimbang pompa air yang tanpa tabung.

3. Juga berfungsi sebagai penghemat listrik. Mungkin anda tidak menyadarinya bahwa sebenarnya tabung atau pressure tank pada mesin pompa air juga mampu menghemat energi listrik yang terpakai pada mesin pompa air anda. Penggunaan tabung atau pressure tank memang bisa menekan penggunaan energi listrik kita, hal ini bisa terjadi karena kerja tabung itu sendiri yang memang bisa mengurangi resiko daya over saat beban berat pada proses pemompaan sedang berlangsung.

4. Mengurangi efek water hammering. Fungsi lainnya yang juga cukup penting dalam penggunaan pressure tank atau tabung ialah untuk mengurangi efek tekanan palu air atau yang biasa disebut water hammering pada mesin pompa air, perlu anda ketahui bahwa efek water hammering sebenarnya juga cukup beresiko terhadap pompa air anda terutama pada bagian dinamo. Proses terjadinya water hammering pada saat kran air mendadak ditutup ini bisa menyebabkan kerusakan yang cukup berarti untuk komponen pompa air kita.

5. Untuk meringankan beban berat pada proses pemompaan. Pompa air yang menggunakan tabung atau pressure tank akan relatif lebih baik kinerjanya dalam melakukan proses pemompaan karena tabung yang terpasang bisa mengurangi atau meratakan beban tekanan air pada saluran perpipaan.

Mungkin cukup sekian dulu untuk artikel kali ini, semoga semua ulasan saya diatas bisa bermanfaat bagi anda semua.

1 Response to "Fungsi Tabung (Pressure Tank) Pada Mesin Pompa Air"

  1. PT Deltapuro Indonesia menyediakan Pressure Tank Membrane merk Aquasystem dari Italy mulai dari kapasitas 50 liter sampai dengan 1000 liter, merk Drakos dari China, kapasitas 100 liter sampai dengan 200 liter dan merk GWS dari China kapasitas 60 liter sampai dengan 500 liter

    ReplyDelete

HTL Responsif Atas Artikel

Unit Iklan 336x280

Unit Iklan Responsif Tengah Artikel

HTL Responsif Bawah Artikel