-->

Unit Iklan Responsif Header

Ciri-ciri Kerusakan Pada Otomatis Pompa Air

Dari sekian banyak komponen mesin pompa air. Salah satu komponen yang biasa ada pada mesin pompa air adalah saklar otomatis atau pressure switch. Komponen yang hanya ada terdapat pada pompa air otomatis ini sering kali mengalami kerusakan di dalam penggunaan nya sehari-hari. 

Dalam penggunaan sehari-hari, otomatis pompa air bekerja menghidupkan pompa ketika kran air dibuka, dan sebaliknya mematikan pompa air jika kran air ditutup. Karena cara kerja komponen dan bagian otomatis ini cukup kompleks dan sangat aktif dalam penggunaan nya, hal ini membuat otomatis pompa air rawan sekali rusak. 


Memang setiap komponen apapun, terutama komponen elektrik sudah pasti memiliki batas waktunya dan bisa rusak kapan saja. Namun terkadang kerusakan bisa terjadi karena kelalaian atau kesalahan kita sehingga ini berdampak pada komponen yang menjadi cepat rusak. Berikut dibawah ini beberapa ciri-ciri kerusakan pada otomatis mesin pompa air. 


Ciri-Ciri Kerusakan Otomatis Pompa Air

Berbagai jenis pressure switch atau otomatis pompa air

1. Pompa Air Mengalami Mati Total 

Tahukah bahwa pompa air yang mengalami mati total bisa saja disebabkan oleh kerusakan otomatis pompa air atau pressure switch. Saklar otomatis pressure switch ini umum nya mengalami kemacetan akibatnya membuat pin yang terdapat pada otomatis menjadi tidak terhubung. Kemacetan ini bisa terjadi karena per pegas di dalam komponen sudah tidak bekerja akibat korosi atau karena memang sudah rusak. 

Namun jika beruntung kemungkinan kerusakan hanya karena pin yang tidak konek karena kotor atau berjamur dan pegas biasa nya masih berfungsi normal. Jika hanya karena pin koneksinya yang bermasalah maka anda bisa membersihkannya dengan hamplas untuk mengikis kotoran yg ada pada pin sehingga pressure switch akan bekerja normal kembali. 


2. Otomatis Pompa Air Tidak Bisa Mati

Selain otomatis yang mengalami mati total karena per pegas yang macet. Kendala yang sama namun kasus yang berbeda bisa terjadi. Misalnya karena per pegas yang macet sehingga membuat otomatis bekerja on terus, tidak dapat off atau di matikan ketika kran air ditutup. Hal ini bisa terjadi juga, pin yang seharusnya bisa memutus, terkonek atau terhubung terus karena per pegas dan tuas yang selalu menekan pin untuk konek saat pompa hidup tersebut dalam kondisi macet. 

Umum nya kemacetan per pegas pada otomatis ini diakibatkan korosi sehingga solusi terbaik adalah kita lakukan saja penggantian komponen keseluruhan unit otomatis pompa air pressure switch ini. Karena jujur saja memperbaiki komponen yg korosi umumnya sulit untuk di lakukan terutama komponen dengan bagian komplek seperti pressure switch. 


3. Pompa Air Sering Berbunyi Cetak-Cetak 

Kasus paling umum adalah pompa air berbunyi berisik atau cetak-cetak tanpa henti walaupun kran air sudah tertutup rapat. Hal ini bisa terjadi karena sensitifitas pompa air memang perlu di setting agar pas, namun ini biasanya tidak akan menyelesaikan masalah karena masalah utama nya biasa ada pada kebocoran halus. Perlu diketahui kebocoran sedikit saja bisa memicu terjadi nya otomatis bekerja tanpa henti atau bunyi cetak-cetek. 


Pompa air akan selalu hidup mati karena adanya perubahan tekanan air yang ada dalam pipa. Perubahan tekanan air bisa terjadi karena kebocoran. Maka untuk mengatasi ini anda harus mengecek setiap sambungan pipa apakah ada yang mengalami kebocoran, jika memang ada langsung saja perbaiki kebocoran tersebut agar otomatis pompa air anda akan bekerja secara optimal kembali. 


4. Pompa Air Tidak Mau Menyala Padahal Kran Sudah Dibuka


Tanda yang lainnya dari otomatis pompa air yang mengalami kerusakan yaitu mesin yg tidak mau menyala meskipun kran air sudah dibuka. Walaupun sebenarnya terdapat banyak faktor yang mempengaruhi hal ini, namun salah satunya bisa karena pengaturan pegas otomatis terlalu keras, sehingga membuat saklar otomatis tak mampu mendorong tuas untuk menghidupkan mesin pompa air yang ada. 


Baiklah mungkin cukup sekian untuk informasi mengenai ciri-ciri kerusakan pada otomatis pompa air. Saran terakhir jika otomatis diketahui sudah rusak, sebaiknya langsung saja lakukan penggantian dengan komponen otomatis yang baru. Selain cara pemasangannya yg mudah, harganya juga sebenarnya cukup terjangkau di pasaran. Oke, sekian dan selamat untuk mencoba dan semoga ini bisa menjadikan manfaat bagi anda. 

Terimakasih~~





0 Response to "Ciri-ciri Kerusakan Pada Otomatis Pompa Air"

Post a Comment

HTL Responsif Atas Artikel

Unit Iklan 336x280

Unit Iklan Responsif Tengah Artikel

HTL Responsif Bawah Artikel