-->

Unit Iklan Responsif Header

Cara Mengatasi Pompa Air Yang Hidup Mati Sendiri

Pernahkah anda mengalami masalah pada mesin pompa air anda yang tiba-tiba hidup mati dengan sendirinya? Jika pernah, maka anda tidak perlu kawatir karena sebenarnya mesin pompa air anda tersebut masih bisa diperbaiki. Nah, pada kesempatan kali ini saya mau berbagi pengalaman mengenai cara memperbaiki atau mengatasi mesin pompa air yang hidup mati sendiri secara tiba-tiba.

Mungkin sudah banyak dari anda yang sedang kebingungan khususnya bagi anda yang masih awam tentang dunia listrik, karena pompa air yang biasanya normal kok sekarang mendadak hidup mati sendiri tanpa penyebab yang jelas. Tentunya hal ini akan merepotkan sekali dan bahkan ini juga kurang baik untuk jangka panjang karena bisa membuat boros pemakaian energi listrik anda akibat saking seringnya pompa air melakukan starting, perlu anda ketahui bahwa sebenarnya gerakan starting atau gerak awalan putaran dinamo selalu membutuhkan lebih banyak energi listrik sebelum akhirnya stabil di angka daya listrik yang terpakai. Jadi, sudah jelas jika proses hidup mati pada pompa air ini terus berlanjut maka bukan tidak mungkin bisa membuat tagihan listrik anda membengkak.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan perbaikan dengan segera agar tidak terjadi pemborosan energi listrik yang tentunya tidak anda diinginkan. Namun pertanyaannya adalah bagaimana cara mengatasi hal ini dan apa penyebab dari masalah pompa air yang hidup mati dengan sendirinya ini?

Bagi anda yang masih awam sekali masalah bidang kelistrikan mungkin belum dapat memastikan apakah penyebab utama dari mesin pompa air yang hidup mati sendiri tersebut. Sebenarnya terdapat beberapa penyebab yang membuat pompa air terus menerus hidup mati dan cara mengatasinya juga berbeda-beda tergantung penyebabnya tersebut. Dan semua itu akan saya bahas pada ulasan di bawah ini.

Berikut Ini Adalah Beberapa Penyebab Mesin Pompa Air Hidup Mati Sendiri Serta Cara Mengatasinya

1. Mesin Pompa Hidup Mati Sendiri Karena Saklar Otomatis (Pressure Switch)
 Gambar pressure switch
Source images : inkuiri.com
Penyebab yang paling umum terjadi pada pompa air yang hidup mati sendiri adalah karena kerja dari saklar otomatis. Biasanya pada beberapa produk mesin pompa air juga ada yang telah dilengkapi dengan saklar otomatis ini, kerja dari saklar ini adalah mematikan atau menyalakan mesin pompa air yang pengoperasiannya memanfaatkan tekanan air, sehingga pengendalian kondisi mati dan hidup mesin pompa air dapat dilakukan dengan hanya membuka atau menutup kran air, sistem saklar otomatis ini juga biasa disebut pressure switch (saklar tekanan).

Sistem otomatis seperti ini memang cukup menguntungkan sekali khususnya jika digunakan untuk mengendalikan hidup mati pompa air dari jarak jauh misalnya saat anda di depan halaman rumah dan ingin menyalakan mesin pompa air, maka anda tak perlu menjangkau saklar manual yang biasa dipasang di dalam rumah karena anda hanya perlu membuka kran air saja, tentunya itu membuat nilai tambah tersendiri karena manfaat yang bisa didapat dari penggunaan sistem saklar otomatis pressure switch ini.

Namun akan tetapi dibalik semua manfaat yang bisa didapat tersebut, sistem saklar otomatis pressure switch juga memiliki kelemahan yakni karena sensitifnya terhadap tekanan air, maka ketika terdapat kebocoran meski hanya sedikit hal ini akan berimbas pada mesin pompa air, yang akan bekerja tak beraturan hidup mati sendiri karena kerja dari saklar otomatis pressure switch tersebut.

Masalah pompa air yang hidup mati sendiri akibat dari saklar otomatis pressure switch ini biasanya ditandai dengan suara bunyi (cklek) yang terus menerus terjadi ketika pompa air sedang mati maupun hidup serta juga ditandai dengan waktu interval yang cukup singkat kisaran beberapa menit antara kondisi hidup dan mati tersebut.

Untuk mengatasi hal ini maka tentunya anda harus mencari letak kebocorannya dan segera memperbaikinya agar tekanan air tidak turun dan mengaktifkan saklar otomatis terus menerus yang hal ini akan berimbas membuat mesin pompa air bekerja hidup mati dengan sendirinya. Masalah kebocoran bisa terjadi dimana saja, sehingga anda harus mencari secara keseluruhan dari ujung kran hingga ke ujung pipa hisap foot klep. Cobalah mengecek satu persatu semua sambungan pipa karena bisa saja saat pemasangan instalasi pipanya masih ada yang kurang rapat sehingga terjadi kebocoran.

Jadi, intinya adalah anda harus mencari kebocoran tersebut dan pastikan juga tidak ada kebocoran lagi setelah dilakukan perbaikan.

Artikel Terkait : Cara Mengecek Foot Klep Pompa Air Masih Bagus Atau Sudah Rusak

2. Mesin Pompa Hidup Mati Sendiri Karena Thermal Protector
Gambar thermal protector
Source images : ksd301.sell.everychina.com
Selain karena penyebab dari saklar otomatis pressure switch, mesin pompa air yang hidup mati sendiri juga bisa disebabkan oleh thermal protector. Thermal protector ini biasa dipasang menempel pada dinamo atau motor pompa air untuk difungsikan sebagai pengaman dinamo pompa air dari bahaya overheating atau panas lebih. Meski tak semua produk pompa air telah dilengkapi dengan fitur pengaman ini namun sudah banyak merk pompa air yang menggunakan sistem pengaman tersebut.

Prinsip kerja thermal protector pada pompa air adalah memutus arus listrik apabila kondisi pompa air dalam keadaan yang kurang menguntungkan yakni ketika pompa air mengalami peningkatan suhu panas yang berlebihan dan disamping itu thermal protector juga akan bekerja menghubungkan arus listrik kembali apabila suhunya sudah kembali normal.

Jadi, thermal protector akan bekerja mengamankan dinamo pompa air hanya ketika overheating atau suhu panasnya sudah melebihi batas yang ditentukan oleh thermal protector tersebut.

Artikel Terkait : Apa Sih Kegunaan Thermal Protector Pada Dinamo Pompa Air??

Maka dengan demikian kita dapat menyimpulkan bahwa masalah hidup mati mesin pompa air secara tiba-tiba ini ada pada panas lebih tersebut. Panas yang berlebihan pada mesin pompa air ini bisa diakibatkan karena kerja pompa air yang terlalu berat sehingga membuat dinamo bekerja keras dan akhirnya membuat overheating. Namun juga tidak menutup kemungkinan lain yang lebih parah yakni adanya overheating akibat dinamo yang sudah buruk kinerjanya, untuk memastikan hal ini anda bisa mengujinya dengan cara mencoba menghidupkan mesin pompa tanpa menggunakanya untuk menghisap air.

Jika setelah dicoba dan berselang beberapa waktu mesin pompa anda tiba-tiba mati, maka bisa dipastikan bahwa masalah ada pada dinamonya yang sudah overheating dan jalan satu-satunya untuk mengatasi ini adalah dengan mengganti ulang dinamo pompa air tersebut. Untuk masalah mengganti ulang dinamo anda bisa mempercayakannya pada jasa perbaikan dinamo atau rewinding yang umumnya sudah ada di berbagai tempat, bahkan di pedesaan sekalipun.

Oke mungkin cukup sekian dulu untuk pembahasan kali ini mengenai cara mengatasi pompa air hidup mati sendiri, apabila ada yang ingin di sampaikan silahkan menggunakan kotak komentar dibawah. Sekian dan semoga bermanfaat.

64 Responses to "Cara Mengatasi Pompa Air Yang Hidup Mati Sendiri "

  1. Replies
    1. Jika pompa air agan punya pressure switch atau sistem otomatis mending jangan difungsikan atau diputus aja .. trus kalok dinamonya yang kena ya harus diganti atau dibuat pintasan pada thermal protector nya

      Delete
  2. Kenapa saat menyalakan air keluarnya besar dan banyak tapi dipertengahan waktu kira2 15 menit tidak keluar air.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba periksa bagian pipa hisap dan sumber air nya gan .. biasanya bermasalah di situ ..

      Delete
    2. Maf mas mau nanya...?
      Kalau mesin pompa nyala,tapi kran ditutup.kok otomatisnya gak main ya kak..sampai saya tggu lama..tetep gak mau mati..
      Tolong di bls mas

      Delete
  3. gimana ngatasi mesin bentar mati bentar hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin dinamonya sudah setengah soak .. biasanya kalok panas dinamo melebihi batas thermal protector maka mesin akan mati lalu kembali hidup ketika sudah dingin .. cara mengatasinya ya harus diganti dinamonya .. semoga bisa membantu

      Delete
  4. makasih mas infnya, berarti mungkin bisa jadi kesalahan ada di pipa atau thermalprtctr/dinamo. yg mau saya tanya mas, kalau kita tetep pake mesin air yg hidup bentr terus mati secara terus menerus akan berdampak ke bagian apa mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mas firyal, Dampaknya terhadap konsumsi energi listriknya mas yang jadi boros .. karena pada dasarnya setiap peralatan listrik yang menggunakan motor listrik atau dinamo selalu memakan banyak energi listrik ketika proses starting atau awalannya mas .. dan untuk dampak terhadap mesin airnya saya rasa tidak ada dampak yang begitu berarti, itu saja mas semoga bisa membantu.

      Delete
    2. terima kasih mas, sangat membantu, sharing caring yg sgt berarti bagi saya dan kawan2 yg blom paham,

      Delete
    3. Sama-sama mas, saya juga senang apa yang saya bagikan bisa membantu.

      Delete
  5. Maaf mas mesin pompa air di tempat saya ketika saklar di nyalain nyala tp cmn 5 detik mati lagi saya coba matikan saklar dan nyalakan gak mau nyala mesin pompa nya apa capasitor rusak bisa pengaruh juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kerusakan pada komponen kapasitor biasanya akan ditandai dengan adanya kondisi dimana mesin pompa air tak mampu berputar dan hanya mengeluarkan suara mendengung ketika dinyalakan, namun jika masalahnya adalah mesin pompa air tidak merespon sama sekali (mati total) saat dinyalakan maka bisa disebabkan oleh adanya kerusakan pada kumparan dinamo atau jalur kelistrikannya.

      Delete
    2. Nanya gan, Sanyo saya nyala gak nyampai lima menit (kira2 dua menit) lalu meteran listrik mati.. Begitu seterusnya.
      Kira2 masalahnya apa ya gan?

      Delete
    3. Buat mas Danang, kalau masalah mesin pompa air sampai membuat listrik padam saat dinyalakan maka ada kemungkinan penyebabnya dari dinamo (motor listrik) pompa airnya yang sudah terbakar dan perlu di rewinding atau gulung ulang ... selain karena dinamo sebenarnya bisa juga disebabkan oleh kabel yang short (konslet)... Tapi jika melihat masalah yang mas alami diatas yakni pompa air nyala sebentar lalu listrik padam maka kemungkinan besar kerusakan tersebut ada pada dinamo .. untuk itu, coba periksa saja bagian dinamonya dulu ..

      Delete
  6. Mau nanya kak, kan kemarin pompa abis ke rendem banjir. Saya pake pompa semi jet pam, trs saya jga ada toren, jadi biasanya sebelum banjir pompa nyala normal 5mnt 7mnt trs, pas kemarin abis banjir pompa di coba nyalakan, pompa nyala, tapi bunyinya beda trs kaya bau karet kebakar, trs berasep.dan sekarang pompa suka nyala 1mnt trs matai, nyala lg 1 mnt trs mati lagi sampe sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika melihat masalah yang kakak alami diatas, ada kemungkinan terjadi kerusakan pada motor atau dinamo karena asap serta bau yang keluar tersebut .. untuk langkah awalnya coba periksa dulu bagian dinamo apakah ada tanda-tanda kerusakan semisal temperatur kerja mesin terlalu panas ketika disentuh atau putarannya agak lambat... Jika ada tanda-tanda seperti ini maka bisa dipastikan dinamo telah terbakar atau setengah mati..

      Delete
  7. Dear Admin,
    Saya sebelumnya menggunakan pompa Sanyo (sekitar 20 tahun), karena masalah kebocoran, saya mengganti dengan Shimizu PS 130 BIT. Baru dibeli & digunakan beberapa hari ini. Ketika hanya 1 keran dibuka penuh, pompa akan hidup (sekitar 2 detik) lalu mati (sekitar 1 detik) lalu hidup lalu mati sampai keran ditutup. Berbeda jika 2 keran dibuka, mesin akan hidup stabil.
    Apakah ada masalah dengan setelan pompa? Ataukah masalah dengan pipa air?
    Mohon dibantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena kondisi mesin pompa air yang masih baru maka bisa dimungkinkan masalahnya ada pada settingan per pegas pada pressure switch (saklar otomatis), untuk itu coba setting pressure switch dengan sedikit kendor agar tekanannya tidak terlalu kuat .. untuk pada bagian saluran pipa juga perlu diperhatikan, biasanya terdapat tekanan air yang kuat karena beberapa kesalahan misalnya kran air terlalu kecil sehingga membuat peningkatan konsentrasi tekanan air atau jalurnya terlalu banyak tanjakan atau belokan sehingga memicu terjadinya hidup mati pompa air secara cepat ..

      Delete
    2. Terima kasih infonya, Min..

      Delete
  8. Mantap mas sangat membantu infonya berkat tanya jawab ini,terimakasih banyak sepertinya mesin saya saklar otomatisnya yang error karena dinamo ga bau gosong dan hangus

    Sukses selalu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang bisa membantu dan terima kasih banyak atas dukungannya mas...

      Delete
  9. .klo mau setting otomatis mesin jetpump harus dimatiin dlu apa gk gan??

    .trus klo gk dimatiin apa gk nyetrum setelah pernya dipegang, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya harus dimatikan dulu ... Bagian per-nya sih gak nyetrum kalok disentuh cuma saya sarankan untuk dimatikan aja listriknya yang dari MCB utama ... Buat aman aja mas siapa tahu nanti terjadi kecelakaan yang tidak disengaja kan bahaya juga ...

      Delete
  10. Mau tanya klo keran tertutup tpi tombol power nya msih nyala dan saklar listrik nya msih nyala apa berbahaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika nantinya mati sendiri tentu tidak masalah .. yang bahaya kalau posisi mesin menyala terus tapi kran tertutup maka dinamo bisa mudah terbakar... Semoga terbantu...

      Delete
  11. mau naya mz..pompa saya sering mmati dan hidup sendiri..dan disaat pompa tiba tiba mati,,suara pompa kayak ada yang mengganjal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika dilihat dari masalah yang mas alami .. kemungkinan besar pompa air terhambat oleh sesuatu atau adanya kerusakan lainnya yang membuat putaran terganjal ... Coba periksa dengan dibongkar siapa tahu nanti muncul penyebabnya ...

      Delete
  12. Pengalaman saya.. baru pasang pompa 130 bit.. setelah dipasang dan dihidupkan dalam keadaan kran tertutup semua pimpa mati hidup mati hidup... dan sy coba buka kran sekitar 15 detik..kemudian saya tutup lagi..dan pompa langsung mati dan tidak mati hidup lagi... pertamyaan saya... kenapa sebelum kran sy bula pompa terjadi mati hidup mati hidup...setwlah kran sy buka dan tutup lagi pompa lanfsung mati dan tidak mati hidup...apa karna masih ada angin yg bisa membuat otomatis pompa mati hidup mati hidup...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf agak telat balasnya... Kalau menurut saya mungkin masih ada kebocoran pada instalasi pipa ... Coba periksa bagian tersebut ...

      Delete
  13. Bisa kah pompa masuk angin dan menyebabkan pompa jadi mati hidup mati hidup..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawabannya bisa karena masuk angin juga termasuk salah satu penyebab utama dari masalah pompa air yang hidup mati sendiri...

      Delete
  14. Maaf mo.tanya bang..saya punya mesin pompa shimitsu biasa bukan otomatis tapi kalau d nyalain suka hidup mati sendiri ..terus saya ganti beli yg baru masih tetap hidup mati ..dinyalain pertama 30 menit nyala trs mati nanti 5 menit lagi hidup lagi begitu seterusnya kira2 apanya yaa terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya mungkin ada masalah pada mesin dinamo pompa air atau paling tidak terkendala pada Instalasinya ... Kalau boleh tau apakah maksud mas ganti baru tadi pompa airnya atau cuma dinamo saja? ...

      Delete
  15. maaf mau tanya mas...pada saklar pompa celup saya nyala tapi air ndak keluar, setelah tombol hitam di bawah saklar merah saya tekan baru air nyala..mohon bantuannya ya mas...matursuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau berdasarkan pengalaman saya sih ada masalah pada instalasi saklar atau kabelnya .. mohon cek bagian tersebut mas ..

      Delete
  16. sebentar mati lagi..ditekan baru nyala

    ReplyDelete
  17. Mas ..apakah lilitan dinamo saya rusak? . Yg membuat kadang2 mcb saya jeplak dan kadang2 tidak. Gmna ngeceknya ya mas. Soalnya mesin hidup seperti biasa namun sngat menjengkelkan tiba2 jeplak. Kasus jeplaknya mcb ini sudah ketauan dalangnya ternyata mesin air . Mohon djwab mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lilitan dinamo yang rusak memang bisa menyebabkan MCB trip (jeglek) ... Kalau melihat masalah kondisi yang mas alami kemungkinan memang dinamo sudah agak soak (setengah rusak) biasanya gejala rusak ini bisa mudah dikenali dari suhu kerjanya yang tak normal atau panas sekali ... Kemungkinan lainnya juga bisa karena kelebihan daya listrik (terlalu banyak alat listrik yang terpakai) ...

      Delete
  18. Mau nanya...klo mesin celup pas di nyalain ga sampe 20 detik mati lagi...mohon pencerahan

    ReplyDelete
  19. Mau nanya kak, beberapa hari kemarin pompa saya nyala kurang lebih 1,5 jam lupa engak di matikan, tapi sepertinya mati sendiri.. setelah sy nyalakan lagi tapi enggak bisa setelah saya siram air diarde pompa nyala kembali, tetapi yang menjadi masalah kenapa sekarang pompa sekarang hanya bertahan selama 5 menit kurang lebih setelah itu mati sendiri., ?? Apa minta di siram diarde nya atau gimana kak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf sekali agak telat balas komentar karena banyak kesibukan... Waduh kak gak takut kesetrum apa kok malah disiram
      ... Jika melihat kasus yang kakak alami mungkin dinamo pompa air sudah overheating dengan kata lain sudah setengah rusak/Soak ..

      Delete
  20. Maaf nanya min, pompa saya mati idup sendiri interval 2 menit an. Kran bocor dkk uda diganti. Siang ga mati itup, tp kalo malam kok mati idup. Padahal saya cek kran rmh g bocor. Stopkran yg suspect bocor ud ditutup jg. Gmn ya? Pompa yg rusak ato ada yg masi bocor? Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin masih ada yang bocor .. lalu apa sudah diset pressure switch nya ke setelah yang kencang? ...

      Delete
  21. Mas,pompa saya shimizu,sering mati sendiri,waktu di pakai,ada tulisan failure pd pompa,harus di off kan dulu,baru beberapa menit di on kembali,baru bisa hidup,mengapa ya?,matur suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo boleh tau model pompa airnya apa? mungkin mekanisme cara kerjanya beda

      Delete
  22. Halo mas, pressure switch yg hidup sendiri setiap 1 menit tapi tidak ditemukan kebocoran di instalasi pipa, apakah ada kemungkin ini karena pressure switch otomatis yang sudah rusak?

    ReplyDelete
  23. terima kasih mas untuk sharing infonya, mohon maaf mau tanya, di rumah saya kontaktor nya tidak befungsi di siang hari, tapi di waktu subuh berfungsi namun kadang mati kadang hidup berselang beberapa detik. Jika saya pencet manual kontaktor nya bisa berjalan dengan lancar. Kira2 apa penyebab nya ya mas? dan apa boleh jika kontaktor dipencet manual?
    Terima Kasih sebelumnya dan sehat selalu

    ReplyDelete
  24. Pak, mau tanya. Pompa saya nyala mati nyala mati pada saat keran dibuka. artinya air tetap menyala, tetapi pompa nyala mati nyala mati. Pada saat keran ditutup, pompa mati. Mohon penjelasannya. terima kasih

    ReplyDelete
  25. Mohon info min drmh ad usha depot pengisian mnggunakan mesin presure tpi ketika keran di ttp ttp mati nyala .. cek kebocoran pada instalasi ga ada

    ReplyDelete
  26. terima kadih. pertanyaan pompa celup saya mati..dibiarkan beberapa menit hidup lagi tidak lama mati. mohon dolusinya

    ReplyDelete
  27. mau tanya kak , pompa air di rumah saia setiap jam tertentu terutama malam hari diatas jam 6 sore sll susah nyala , jadi di rumah saia ada saklar di lantai 2 untuk menyalakan pompanya tdk nyala full 24 jam pompanya , nah klo pagi sampe sore nda masalah , tp klo udh malam diatas jam 6 sll susah nyala , hrs ditunggu agak lama baru nyala , kadang ditengah2 nyala tib2 mati , kira2 kenapa ya kak ? apa dinamo ? thermal ? thankyou

    ReplyDelete
  28. om di rumah sy pake satelit biasanya malam gk pernah nyala, sekarang sekarang ko sering nyala gk beraturan apa munggkin otomatisnya rusak, sy gk paham,terimakasih

    ReplyDelete
  29. Mau Tanya Kak pompa di rmh Saya suka mati tapi setelah 6 jam tiba2 nyala sendiri lagi, biasanya terjadi ketika habis hujan deras. Frekuensi nya bisa 1 bln sekali. Saat Ini pakai mesin pendorong otomatis dan usia pompa sdh 7 th. Apakah kena dinamo atau harus ganti pompa ?

    ReplyDelete
  30. Bang pompa shimuzi saya hidup lalu Mati 1 detik hidup lagi agak lama terus mati 1 detik lalu hidup lagi. Saya sudah periksa semua jalur pipa Dan tidak Ada kebocoran , lalu saya Coba setting otomatis pompa nya Masih tetap Sama mas tidak Ada perubahan. Apakah ditabung pompa sanyonya kah

    ReplyDelete
  31. Maaf tanya pak, kenapa ya pompa air buat buang limbah rumah tangga, setelah saya nyalain sampe 5 jam mati sendiri?

    ReplyDelete
  32. Mau tanya mas,saya menarik air sumur bor yang airnya keruh dengan mesin pompa air zet pump simitzhu. Sekarang pompa saya hidup kan kisaran 2 jam dan tiba tiba mati saya cek pompa panas. Dan setelah mesin dingin saya hidup kan kembali'mau hidup tapi mati lagi setelah mesin panas. Ada pengaruh air keruh gak mas? Atau dinamo nya yang bermasalah. Terima kasih mas mohon jawabannya.

    ReplyDelete
  33. Ya saya jg bingung ini....mesin pompa hidup mati selang 5menit......trus mau cari bocorannya bingung....soalnya pipanya ketanam smua.....pertanyaan saya....apakah ada cara lain yg lbh simple...trima kasih atas jawabannya.

    ReplyDelete
  34. Mau tanya pak, pompa air saya Shimizu saat dipakai kira2 30 menitan tiba tiba mati sendiri,lalu saya diamkan sekitar 15 menitan saya nyalain LG nyala,itu kenapa ya
    Saat saya pegang panas terus keluar airnya volumenya kecil sekali, terimakasih

    ReplyDelete
  35. https://pakgalingging.blogspot.com
    www.bintannews.com

    Terimakasih atas informasinya, gan.

    ReplyDelete
  36. Mas mau tanya sy baru pasang mesin sanyo pendorong baru setelah dipasang , kran kamar mandi dibuka ternyata air keluarnya sedikit tp kalo dibuka kran yg dekat mesin keluar airnya banyak tolong dibantu apapenyebanya

    ReplyDelete

HTL Responsif Atas Artikel

Unit Iklan 336x280

Unit Iklan Responsif Tengah Artikel

HTL Responsif Bawah Artikel