-->

Unit Iklan Responsif Header

Gambar Skema Cara Menggulung Dinamo Kipas Angin COSMOS 16 Alur

Pada artikel yang kemarin sudah saya bagikan gambar skema gulungan dinamo kipas angin merk Maspion, Nah untuk saat ini saya juga akan berbagi lagi mengenai skema cara menggulung dinamo kipas angin namun kali ini yang akan saya bagikan adalah data lilitan serta gambar skema gulungan dinamo kipas angin merk Cosmos.

Kipas angin merk Cosmos sendiri juga salah satu yang paling populer selain pesaing utamanya yakni Maspion. Karena itulah saya membuat skema gulungannya untuk mengantisipasi apabila sewaktu-waktu lupa maka saya tinggal membuka kembali skema yang telah dibuat tersebut. Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya bahwa menggulung dinamo kipas angin sendiri terbilang cukup sulit serta dalam segi penghasilannya juga terbilang pas-pasan sehingga banyak orang yang enggan belajar mengenai cara menggulung dinamo kipas angin.

Namun disisi lain, belajar menggulung dinamo kipas angin merupakan suatu langkah yang baik bagi anda yang saat ini sedang mendalami ilmu teknik melilit atau menggulung dinamo. Ketika anda sudah mampu menggulung dinamo kipas angin maka dalam hal menggulung dinamo lainnya akan menjadi lebih mudah untuk dipelajari misalnya seperti dinamo pompa air, mesin cuci dan lain sebagainya.

Menggulung dinamo kipas angin secara manual dapat mengasah kemampuan anda baik itu kesabaran, ketelitian, keterampilan dan daya ingat anda juga akan sangat diuji disini, memang proses menggulung dinamo itu sendiri harus dilakukan dengan sangat teliti dan penuh kesabaran agar tidak terjadi kesalahan disaat proses menghitung atau memasukkan kawat email ke dalam kern yang dalam hal ini bisa berakibat fatal pada hasil akhirnya nanti apabila terdapat kesalahan.

Namun jika proses penggulungan telah berjalan dengan baik dan benar maka hasilnya tidak akan mengkhianati kerja keras anda dan dinamo kipas angin pun bisa dijamin kekuatan serta ketahanannya karena telah dililit dengan kawat email berbahan tembaga yang dikenal lebih awet ketimbang kawat email berbahan aluminium yang biasa digunakan pada kebanyakan produk kipas angin model baru di zaman sekarang.

Oke tak perlu berpanjang lebar lagi saya jelaskan berikut adalah skema gulungan serta data lilitan dinamo kipas angin Cosmos.
Gambar skema diatas adalah cara untuk memasukkan kawat email.

Jadi, masukkan kawat emailnya seperti diatas lalu jangan lupa untuk sesuaikan ukuran tebal kern seperti di bawah ini.

Dan dibawah ini adalah gambaran penyambungan setiap ujung kawat email yang dilakukan secara seri.
Jika anda menerapkan penyambungan ini maka putaran dinamo akan kekiri dengan posisi kabel di belakang.

Sebagai informasi saja, untuk dinamo kipas angin merk china selain Maspion dan Cosmos yang tebal kern kisaran 10mm s/d 14mm biasanya menggunakan kawat email yang kecil 0,10mm, 0,12mm dan 0,15mm dengan jumlah lilitan kisaran 800 - 1000. Kipas china sebenarnya kurang awet apabila digunakan secara nonstop hal ini disebabkan karena kawat dan kern yang kecil atau tipis membuat kipas angin tidak tahan terhadap panas.

Mungkin cukup sekian dulu untuk artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Baca Juga : Gambar Skema Cara Menggulung Dinamo Kipas Angin MASPION 16 Alur

22 Responses to "Gambar Skema Cara Menggulung Dinamo Kipas Angin COSMOS 16 Alur"

  1. Mudah difahami
    Gambar lilitan sangat jelas
    Terimakasih ilmunya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama ... Senang apa yang saya bagikan bisa bermanfaat.😁

      Delete
  2. Mau tanya gan , kawat 1 kilo bisa buat berapa kipas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo merk Cosmos seperti di atas bisa sekitar 5-6 dinamo gan .. klo merk Maspion sekitar 4-5 dinamo .. tergantung besar kecilnya ukuran Kern dinamo ..

      Delete
  3. untuk kipas deskfan gmn ya?..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kipas angin model deskfan yang tanpa kapasitor itu beda skema ..

      Delete
  4. Mantap infonya.
    Makasih pak infonya

    ReplyDelete
  5. Terima kasih infonya GanπŸ‘πŸ˜€

    ReplyDelete
  6. mantaab ilmunya gan trimkasih sudah berbagi semoga bertambah sukses dan barokah rezeki gan ...salam sukses elco electron

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan... Senang bisa membantu semoga sukses juga buat agan ... Salam balik juga πŸ™

      Delete
  7. Unt kipas regansi kalau ada mohon info

    ReplyDelete
  8. Ini cosmos alur besar,sedang ,atau kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan sedang .. kalo dibandingin sama Maspion lebih kecil ini sedikit...

      Delete
  9. Kira2 berapa mm lubang keren nya om?

    ReplyDelete
  10. Mau naya kok medium sama low jumalah lilitan sama tapi kalo di youtube beda gan.low 200 medium 240 haig.400 sebnrnya yang mana gan aslinya.kalo jumlah lilitan lebih dari 200 semakin kenacang apa pelan gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya jumlah lilitan bisa dirubah semaunya asalkan tetap pada perhitungan yang wajar... Kalau saran saya lebih baik low dan medium disamakan jumlah lilitan nya sedangkan high memang begitu adanya (harus selalu lebih banyak) ... Intinya semakin banyak jumlah lilitan maka putaran akan semakin pelan dan begitu juga sebaliknya.. sekian dan maaf agak telat balas komentar nya

      Delete
  11. Sangat bermanfaat trmksh pkboss...

    ReplyDelete
  12. Klo kipas besar yang satu kutubnya ada 4 alur bagaimana hitungannya?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  13. Om,mau tanya.klo gulungngannya tidak kita kasih/tambah speed nya gimana om???

    ReplyDelete
  14. Terima kasih sudah berbagi ilmu nya.semoga selalu di berkati yg Sang pencipta.

    ReplyDelete

HTL Responsif Atas Artikel

Unit Iklan 336x280

Unit Iklan Responsif Tengah Artikel

HTL Responsif Bawah Artikel