-->

Unit Iklan Responsif Header

Bolehkah Mengganti Kapasitor Pompa Air Berbeda Dari Ukuran Aslinya ?

Perlu diketahui bahwa dalam mengganti kapasitor pompa air, selain harus mengerti penyambungan jalur kabel kapasitor. Anda juga harus mengerti ukuran kapasitor yang sesuai untuk digantikan pada unit pompa air anda di rumah. Hal ini agar tidak terjadi kerusakan pada mesin pompa air anda, perlu diketahui bahwa resiko salah ukuran dalam penggantian kapasitor dapat membuat unit mesin pompa air anda cepat rusak, yang paling terdampak adalah bagian gulungan dinamo pompa air yang bisa saja mengalami terbakar pada kondisi tertentu. 

Tentu nya anda tidak mau bukan jika harus menanggung biaya perbaikan yg mahal karena kerusakan pada gulungan dinamo pompa air anda. 

Untuk mengetahui berapa ukuran ideal kapasitor pada mesin pompa air, tentu anda harus menyamakan nilai ukuran kapasitor seperti aslinya namun jika terlanjur tidak mengetahui ukuran asli maka anda masih bisa cek pada nameplate spesifikasi yg umum nya tertera pada bagian tertentu mesin pompa air. Disitu biasa tertulis spesifikasi nilai ukuran kapasitor yang terpakai untuk mesin pompa air tersebut. 

Jika tidak ada, karena mungkin terkelupas atau semacamnya. Silahkan cek artikel dibawah ini untuk mengetahui nilai kapasitor pada mesin pompa air yg anda miliki. 

Artikel Terkait : Ingin Mengganti Kapasitor? Berikut Daftar Ukuran Kapasitor Pompa Air Berbagai Merk

Setelah mengetahui, mungkin beberapa dari anda ada yang bertanya-tanya, mungkinkah atau bolehkah mengganti ukuran kapasitor pompa air yang berbeda sedikit dari ukuran aslinya untuk dipasang dikarenakan ukuran kapasitor yang pas sedang tidak tersedia di pasaran? 

Oke, untuk lebih jelas nya menjawab pertanyaan ini. Silahkan simak ulasannya dibawah. 

Toleransi Nilai Ukuran Pada Kapasitor Pompa Air


Tahukah bahwa sebenarnya pada mesin pompa air nilai yang tertera pada ukuran kapasitor tidak harus selalu menjadi patokan utama. Meskipun memang tidak dapat dipungkiri bahwa pabrikan sudah menentukan nilai ukuran kapasitor berdasarkan kapasitas masing-masing produknya. Ukuran yang ada sudah ditentukan melalui per hitungan dan ujites sehingga didapatkan lah nilai ukuran kapasitor yang ideal tersebut. 

Akan tetapi apakah anda menyadari bahwa sebenarnya pabrikan juga menyertakan nilai toleransi yang dapat anda gunakan dalam menentukan perubahan ukuran kapasitor tersebut. Tentu hal ini akan sangat membantu khususnya bagi anda yang ingin mengganti kapasitor dengan nilai ukuran yg berbeda. 


Jika anda pernah memperhatikan, pada body kapasitor pompa air, anda akan menemukan ada tulisan atau code yang tertera tercantum lengkap mengenai spesifikasi kapasitor tersebut. Mulai dari ukuran micro farad yaitu satuan umum untuk komponen kapasitor yang biasa disimbolkan seperti huruf m "μF". Atau symbol " V " berarti voltage atau tegangan kapasitor. Dan masih banyak symbol lainnya yang tidak harus kita jabarkan satu-satu disini, karena yang akan kita bahas adalah symbol tertentu yg terpenting untuk pembahasan kita kali ini yakni mengenai symbol yang dapat digunakan dalam proses penggantian komponen kapasitor. 

Nilai toleransi kapasitor pompa air

Coba anda perhatikan yang tertanda pada kapasitor pompa air dengan merk shimizu diatas. Disitu tertulis angka dalam tanda kurung +10 -5 %. Maksud dari angka-angka itu adalah hitungan ukuran toleransi kapasitor yang dibolehkan dalam penggantian. Semisal dengan nilai ukuran kapasitor sebesar 20 μF atau micro farad. Nilai toleransi yang diperbolehkan adalah +10% jika dihitung artinya sepuluh persen dari nilai ukuran kapasitor 20 μF adalah 2 μF atau 2 micro farad yang di perbolehkan. + artinya lebih dari 10%, sepuluh persen yang di maksud disini adalah nilai 2 micro diatas. 

Maka jika diterjemakan artinya anda bisa melebihkan nilai ukuran kapasitor pompa air dengan ambang batas toleransi yang aman yaitu sebesar 2 μF/micro farad. Yakni menjadi 22 μF/micro farad. 

Dan toleransi kurangnya sebesar 5%. Artinya boleh dikurangi dalam ambang batas 5% atau 1 micro. Jadinya 20-1 maka nilai ukuran kapasitor dari jumlah toleransi pengurangan ukuran adalah 19 μF. 


Dengan melihat data diatas dapat disimpulkan bahwa ukuran ideal untuk pompa air shimizu yang menggunakan ukuran kapasitor 20 μF. Memiliki toleransi dari nilai ideal yakni berkisar antara 19-22 μF. 


Jadi jelas, bahwa pertanyaan mengenai penggantian komponen kapasitor dengan nilai ukuran yang sedikit berbeda dari aslinya. Ternyata bisa di lakukan disini asalkan masih dalam nilai ukuran toleransi yang ditentukan pada body pompa air. 


Dengan demikian opsi untuk memilih kapasitor pompa air yang berbeda dapat dilakukan. Cara ini bisa membantu Anda apabila pada saat ingin membeli kapasitor dengan ukuran sama seperti yg tertera pada body, namun kapasitor tersebut tidak tersedia di toko terdekat. 


Oke, mungkin cukup sekian saja untuk pembahasan kita kali ini mengenai Bolehkah Mengganti Kapasitor Pompa Air Berbeda Dari Ukuran Aslinya ? 

Semoga bisa dijadikan manfaat. Dan terimakasih~~



0 Response to "Bolehkah Mengganti Kapasitor Pompa Air Berbeda Dari Ukuran Aslinya ?"

Post a Comment

HTL Responsif Atas Artikel

Unit Iklan 336x280

Unit Iklan Responsif Tengah Artikel

HTL Responsif Bawah Artikel