-->

Unit Iklan Responsif Header

Fungsi Pentil Pada Tabung Pressure Tank Pompa Air

Pressure tank atau Air pressure tank umumnya biasa kita jumpai hanya ada pada unit pompa air otomatis, bagian komponen ini sangat berperan penting dalam menunjang sistem sebuah mesin pompa air dengan kendali otomatis. Dalam kegiatan sehari-hari kita biasa menggunakan fitur kendali otomatis ini pada saat mencuci pakaian di mesin cuci, menggunakan washtafel dan lain-lain. 

Jika anda memperhatikan bagian tabung pada unit pompa air otomatis di rumah. Anda akan menyadari bahwa akan ada semacam benjolan di bagian belakang tabung pompa air. Bagian ini berbentuk persis semacam pentil pengisian sama seperti pada roda ban kendaraan anda. 
Letak pentil pengisian pada tabung

Jadi, apa fungsi pentil pada tabung pressure tank pompa air? Apakah sama seperti dengan cara kerja pentil pengisian ban kendaraan? 

Oke, untuk menjawabnya maka kita akan harus sedikit membahas tentang cara kerja dari pressure tank itu sendiri. 


Fungsi Utama Pentil Pengisian Pressure Tank Pompa Air

Pada unit pompa air anda di rumah, apakah anda menyadari bahwa disaat anda menggunakan fitur kendali otomatis mesin pompa air. Hal seperti jeda interval waktu hidup mati mesin akan ada saat anda membuka maupun menutup kran air, ini bisa terjadi dikarenakan tabung pressure tank yang mengatur tekanan air di dalam saluran sehingga proses hidup dan mati mesin pompa air tidak akan terjadi secara tiba-tiba. 
Seperti pada gambar yang ditunjukan, cara kerja dari pressure tank. Saat kran ditutup maka akan terjadi sesuatu yang menarik, seperti yang anda lihat pada gambar diatas tekanan air akan mengalami peningkatan secara berkala yang membuat membran di dalam tabung berangsur-angsur membesar.
Dan ketika kran dibuka sesuatu yang sama dan sebaiknya terjadi. Hal ini bisa terjadi karena sifat elastisitas dari membran tabung. 

Setelah mengetahui cara membran ini bekerja dalam tekanan air, anda akan tahu alasan kenapa pada tabung pressure tank pompa air terdapat sebuah pentil pengisian. Bayangkan bahwa ban kendaran anda di rumah akan selalu membutuhkan tekanan udara di dalam nya, sehingga anda akan melakukan pengisian udara ban melalui pentil pengisian. Nah, Hal yang sama juga berlaku pada pentil pengisian tabung pressure tank pompa air. Dimana dengan pentil pengisian maka anda dapat memasukkan tekanan udara di dalam tabung. 

Jika ban kendaraan umum hanya menggunakan tekanan udara, maka tabung pressure tank pada pompa air memanfaatkan kedua jenis tekanan. Tekanan yang dimaksud adalah air dan udara, tekanan air dihasilkan melalui kerja mesin sedangkan tekanan udara bisa didapatkan pada saat anda melakukan pengisian melalui pentil pengisian yg berada di belakang tabung. 

Kombinasi dari kedua tekanan ini menghasilkan sensitifitas tertentu/jeda interval waktu antara hidup dan mati mesin. Pengaturan ini bisa anda lakukan dengan hanya mengatur tekanan udara di dalam nya. 

Kuncinya adalah semakin banyak udara yg di pompa ke dalam tabung maka sensitifitas hidup mati mesin akan semakin meningkat, dan sebaliknya jika tekanan udara yang masuk sedikit maka sensitifitas akan melemah dalam artian jeda interval waktu antara hidup dan mati mesin akan menjadi lebih lama. 

Untuk mengatur tekanan udara dalam tabung pressure tank sama halnya seperti pada ban kendaraan, pengisian bisa menggunakan pompa angin yg biasa anda pakai untuk kendaran. Jika tekanan udara terlalu penuh maka bisa dilepaskan sedikit tekanannya dengan cara menekan pentil pengisi sama halnya seperti pada ban kendaraan. 

Dengan demikian sensitifitas hidup mati sebuah pompa air dapat diatur sesuai yang anda inginkan. Pengaturan tekanan udara pressure tank umumnya berbeda mengikuti kedalaman sumur resapan yg ada dan beberapa hal lainnya. 

Tahukah bahwa ada beberapa jenis pressure tank yang tidak dibekali dengan membran ataupun pentil pengisian di pasaran. Pressure tank jenis ini jelas tidak memiliki kemampuan pengaturan sensitifitas hidup mati pada mesin seperti halnya pressure tank dengan pentil pengisi. Umumnya pressure tank tanpa pentil pengisian harganya lebih murah, juga hanya ada pada unit pompa air tertentu dengan varian harga yg lebih ekonomis. 

Sekian dan jangan lupa mendukung situs ini dengan cara share ke orang terdekat anda agar blog ini terus berkembang..

Terima kasih~~



0 Response to "Fungsi Pentil Pada Tabung Pressure Tank Pompa Air"

Post a Comment

HTL Responsif Atas Artikel

Unit Iklan 336x280

Unit Iklan Responsif Tengah Artikel

HTL Responsif Bawah Artikel