-->

Unit Iklan Responsif Header

Cara Dan Hal Penting Sebelum Mengganti Tabung (Pressure Tank) Mesin Pompa Air

Tabung atau bisa juga dikenal dengan istilah pressure tank umumnya terdapat pada beberapa jenis unit pompa air, kegunaan spare part ini pada mesin pompa air adalah sebagai penunjang kerja untuk saklar otomatis pressure switch sekaligus juga bekerja meringankan beban waktu proses pemompaan. Tabung pada mesin pompa air sewaktu-waktu juga dapat mengalami masalah kebocoran.

Saat usia pakai mesin pompa air sudah cukup lama atau sudah berumur maka tak jarang akan terjadi korosi atau pengkaratan pada bagian-bagian tertentu pada mesin pompa air tak terkecuali pada bagian tabung atau pressure tank ini yang biasa mengalami masalah bocor karena keropos akibat korosi atau pengkaratan.

Jika anda mengalami masalah kebocoran pada unit pompa air yang diakibatkan oleh tabung yang keropos atau bocor, maka segeralah lakukan penggantian ulang karena hal ini akan sangat menghawatirkan apabila kebocorannya sampai merembet ke bagian dinamo pompa air. Masalah ini jika tidak diatasi segera, maka akan sangat berpotensi membuat kerusakan yang lebih parah pada pompa air anda, khusus nya pada bagian komponen dinamo penggerak yg sering mengalami kerusakan akibat dari terkena bocoran maupun rembesan air yg berasal dari tabung pompa air. 

Bahkan tak menutup kemungkinan ini juga dapat mengakibatkan konsleting listrik jika dibiarkan.


Oleh sebab itu, penting sekali mengganti tabung atau pressure tank anda yang telah rusak ke pressure tank yang baru. 

Bagaimana cara mengganti tabung atau pressure tank pada unit pompa air? 

Untuk mengetahui cara mengganti tabung pompa air bagi anda yg mungkin saat ini mengalami masalah kerusakan pada tabung pompa air atau pressure tank. Ada beberapa hal yg harus di perhatikan agar tidak terjadi kesalahan yang menyebabkan kebocoran kembali atau kesalahan lainnya. 


1. Kenali spesifikasi tabung yang cocok untuk diganti ke unit pompa air anda. Tentunya setiap pompa air tidak selalu memiliki spesifikasi yg sama, terdapat berbagai macam type pompa air jika kita lihat dipasaran. Type spesifikasi pompa air tersebut biasa dikelompokkan berdasarkan jenis kedalam sumur resapan, daya yg terpakai maupun jenis kebutuhannya. 

Dengan demikian anda harus mengerti dan memahami spesifikasi unit pompa air anda sendiri sebelum mengganti pressure tank. Jangan sampai anda salah memperhitungkan pengganti dari komponen pressure tank ini, karena jika itu terjadi maka kerja pompa air bisa menjadi tidak optimal nantinya. 


2. Lakukan pemasangan tabung baru dengan baik dan rapat. Perlu diingat juga dalam pemasangan pressure tank yang baru pastikan anda kunci dengan rapat saat pemasangan, tambahkan sale tape pada bagian drat keluaran pada tabung pressure tank agar tidak terjadi kebocoran ataupun rembesan air dibagian tersebut. 

Sebagai bagian yang memiliki peranan penting, maka pemasangan tabung pompa air harus diperhatikan betul. Jangan sampai membiarkan tabung mengalami kebocoran. Karena hal ini akan menimbulkan kasus mesin pompa air bekerja hidup dan mati sendiri dengan interval yang cepat. (timbul suara Ctak-Ctek) 

3. Pemilihan pressure tank yang berkualitas. Jika anda akan membeli tabung pressure tank, maka tidak ada salahnya untuk memilih pressure tank yang berkualitas. Umumnya dipasaran terdapat banyak pilihan harga untuk spesifikasi tabung pressure tank yang sama, hal ini biasa terjadi karena berbedaan kualitas. Pada pressure tank yang mahal umumnya dilengkapi dengan membran karet didalam tabung pressure tank sehingga lebih tahan dari resiko korosi, atau biasa ada tutup pentil pengisian dibagian tertentu. Ini memudahkan untuk mengatur tekanan udara pada tabung. 

Hal ini berbeda jika dibandingkan dengan pressure tank murah yang beredar di pasaran, biasanya tidak akan ada membran karet sehingga lapisan luar tabung akan langsung bersinggungan dengan air, ini akan memudahkan terjadi nya korosi. Dan pentil pengisian umumnya juga tidak ditemukan, sehingga tekanan air akan konstan atau tidak dapat diatur. 

Dengan demikian maka bisa disimpulkan pressure tank dengan harga mahal berbanding lurus dengan kualitas nya. Jadi untuk masalah memilih pressure tank yang bagus, sangat disarankan bagi anda memilih pressure tank yg dilengkapi dengan membran didalamnya maupun juga tersedia pentil pengisian di luar tabung. 


4. Opsi lain tanpa tabung. Keputusan untuk mengganti tabung mungkin adalah pilihan terbaik bagi pengguna pompa air otomatis yang memakai fitur pressure switch, namun bagi sebagian orang terkadang fitur otomatis tidak diperlukan lagi. Sehingga tak jarang pengguna pompa air lainnya memilih untuk tidak menggunakan lagi fitur tersebut dikarenakan untuk dipakai dalam keadaan tertentu. 

Jika demikian maka sebenarnya mengganti tabung pressure tank adalah hal yang tidak pernah dilakukan, karena ini akan sia-sia saja mengingat kita tidak lagi menggunakan fitur otomatis pada mesin pompa air. 

Seperti yang anda tahu cara kerja dari tabung pada mesin pompa air adalah berfungsi untuk menunjang sistem otomatis pompa air pressure switch dengan memanfaatkan tekanan air. Pada pompa air otomatis tekanan air akan mempengaruhi jalan hidup dan matinya mesin. 

Jika anda sudah memutuskan untuk tidak menggunakan fitur otomatis sebagai opsi lain. Maka anda tidak perlu lagi membeli dan memasang tabung pressure tank. Anda bisa langsung menggunakan unit pompa air tanpa tabung pressure tank dengan cara berikan penutup pada bagian drat keluaran yg semula menuju bagian pressure tank. Lalu langsung membypas jalur kabel yg menuju pressure switch karena sudah tidak difungsikan. 

Untuk bagaimana cara membypas jalur pressure switch selengkapnya anda bisa simak artikel berikut ini. 


Oke itulah cara dan hal yang harus diperhatikan sebelum mengganti tabung pressure tank pada mesin pompa air. Sekian untuk artikel saya kali ini dan selamat mencoba... 
Dan semoga sukses~~




0 Response to "Cara Dan Hal Penting Sebelum Mengganti Tabung (Pressure Tank) Mesin Pompa Air"

Post a Comment

HTL Responsif Atas Artikel

Unit Iklan 336x280

Unit Iklan Responsif Tengah Artikel

HTL Responsif Bawah Artikel