-->

Unit Iklan Responsif Header

Apa Bisa Kipas Angin Digunakan Tanpa Dipasang Thermofuse?

Mungkin banyak dari teman pembaca yang bertanya-tanya, apakah memungkinan/bisa sebuah kipas angin di gunakan tanpa perlu memasang komponen pengaman thermofuse? 

Lalu, apa efek perbedaannya antara thermofuse di pasang dengan tidak di pasang? 

Pembahasan ini menarik karena mengingat banyak orang awam yg mungkin belum mengerti bagaimana hubungan sistem kerja dari dinamo dan thermofuse. Sedang kan bagi teknisi terkadang sering kali memperdebatkan masalah di pasang dan tidak nya komponen satu ini. 

Seberapa Penting Thermofuse Pada Perangkat Kipas Angin? 
thermofuse pada kipas angin

Oke, sebelum menjawab semua pertanyaan diatas maka penting untuk kita pahami dulu fungsi dari thermofuse itu sendiri dan apa hubungan nya dengan dinamo motor kipas angin. 

Thermofuse sendiri dalam bahasa Indonesia berarti sekring panas, dari kata "thermo" yang artinya panas dan fuse berarti sekring. Dari namanya bisa kita asumsikan bahwa cara kerja alat ini adalah untuk mengamankan seperti halnya cara kerja sekring pada umumnya untuk menghindari terjadi nya hal yg tidak diinginkan seputar permasalahan kegagalan kelistrikan semisal konsleting listrik atau kegagalan listrik lainnya. 

Seperti pada sudut bagian dari rumah anda, biasanya akan terpasang sebuah box hitam yang merupakan kotak box sekring yg berfungsi sebagai pengaman rumah anda dari konsleting listrik. Perangkat ini sangat lah berguna untuk mengamankan rumah anda dari bahaya kebakaran akibat dari konsleting listrik. 

Jika box sekring dirumah berfungsi sebagai pengaman dari konsleting listrik, maka begitu juga dengan thermofuse yg bekerja mengamankan konsleting pada rangkaian tertutup kumparan dinamo sehingga terhindar dari resiko kebakaran pada dinamo. Umumnya Pada kipas angin atau peralatan listrik lainnya komponen thermofuse biasa terdapat terpasang menempel pada bagian lilitan kawat email. 

Mungkin anda bertanya-tanya kenapa thermofuse ditempatkan menempel pada rangkaian kumparan, hal ini berbeda jika dibandingkan dengan box sekring rumah yg hanya terpasang bebas dan terhubung seri pada rangkaian kelistrikan rumah? 


Oke, hal ini dikarenakan cara kerja thermofuse yg agak berbeda jika dibandingkan dengan sekring box pada rumah anda, perlu diketahui thermofuse selain bekerja mengamankan rangkaian dinamo dari konsleting listrik, ia juga berfungsi sebagai pengaman spul dinamo kipas angin anda dari overheating (panas lebih), saat kipas angin terkendala macet beban akan semakin bertambah hal ini memicu lonjakan daya listrik yg sangat besar, maka tak jarang kumparan dinamo akan terbakar hebat karena saking panas nya suhu kerja dinamo akibat lonjakan arus daya listrik tersebut. 

Contoh video kebakaran kipas angin akibat spul dinamo tanpa dilengkapi thermofuse. 

Jadi thermofuse ini memang sengaja ditempatkan menempel pada lilitan kawat pada kumparan dinamo, hal ini bertujuan agar panas dari lilitan kawat dapat dengan cepat dideteksi oleh thermofuse sehingga perlindungan kawat email dari panas yang berlebih akan lebih efektif. Dalam keadaan tertentu semisal ketika kipas angin macet seperti kasus diatas. 

Thermofuse akan bertindak cepat mengamankan dengan cara kerja memutuskan aliran listrik yg melewati rangkaian kumparan spul dinamo kipas angin, sehingga resiko terbakar nya dinamo atau kipas angin akan terhindar kan, karena umumnya dinamo penggerak akan terbakar sampai terjadi konsleting listrik hingga sampai membuat MCB trip/turun. Kesimpulannya thermofuse dipasang adalah untuk difungsikan mencegah terbakarnya dinamo disaat overheat, karena dinamo adalah komponen terpenting dan utama serta juga komponen yg mahal, sehingga perbaikan nya pun cukup menguras biaya apabila dilakukan. Untuk itulah banyak produk kipas angin yg memakai thermofuse ini selain sebagai pengaman juga untuk mengurangi anggaran perbaikan yg besar akibat terbakarnya dinamo. 

Perlu diketahui thermofuse ini sekaligus juga meminimalisir resiko kebakaran akibat konsleting listrik pada rangkaian kipas angin. 


Jadi, untuk menjawab pertanyaan diawal apakah memungkinan/bisa sebuah kipas angin di gunakan tanpa perlu memasang komponen pengaman thermofuse? 

Jawabannya adalah bisa karena cara kerja dinamo kipas angin tidak terikat dengan komponen thermofuse. Jadi jika anda menggunakan kipas angin tanpa terpasang thermofuse dinamo penggerak kipas masih akan bisa bekerja semestinya tanpa ada masalah pada kinerja perangkat kipas angin anda, namun ini tidak disarankan karena cukup beresiko membahayakan anda. 


Lalu, apa efek perbedaannya antara thermofuse di pasang dengan tidak di pasang? 

Efek perbedaannya adalah berbahaya jika dinamo tidak terpasang atau dilengkapi dengan komponen thermofuse, karena sebagai pengaman jika thermofuse tak terpasang maka akibat nya spul dinamo bisa dengan mudah akan terbakar bahkan lebih parahnya lagi bisa saja terbakar keseluruhan bagian kipas angin seperti kasus video diatas. 

Kesimpulannya kipas angin rawan terjadi terbakar apabila terkendala macet namun anda tidak mengetahui atau sedang berpergian seperti video diatas atau ketika tersambar petir maupun ketika terjadi konsleting listrik. 

Untuk memilih atau tidak menggunakan komponen thermofuse, anda bisa putuskan sendiri karena tentunya setelah membaca artikel ini pastinya anda sudah paham dengan konsekwensinya.. 

Sekian dari saya terima kasih.. 






0 Response to "Apa Bisa Kipas Angin Digunakan Tanpa Dipasang Thermofuse?"

Post a Comment

HTL Responsif Atas Artikel

Unit Iklan 336x280

Unit Iklan Responsif Tengah Artikel

HTL Responsif Bawah Artikel