-->

Unit Iklan Responsif Header

Tanda Kerusakan Serta Cara Perbaikan Thermofuse Kipas Angin


Pada kipas angin atau peralatan listrik lainnya komponen thermofuse biasa terdapat dan menempel pada bagian lilitan kawat email, thermofuse ini memang sengaja ditempatkan menempel pada lilitan kawat pada kumparan dinamo dengan tujuan agar panas dari lilitan kawat dapat dengan cepat dideteksi oleh thermofuse sehingga perlindungan kawat email dari panas yang berlebih akan lebih efektif. Umumnya thermofuse akan bertindak mengamankan dengan cara kerja memutuskan aliran listrik disaat kondisi tertentu. 



Untuk mengetahui thermofuse putus atau tidak, anda bisa melakukan pengecekan menggunakan multi tester. Jika thermofuse rusak atau putus solusi termudah nya adalah anda hanya tinggal menggantinya saja thermofuse yg rusak tersebut dengan nilai yang sama. 


Thermofuse yang digunakan pada kipas angin ada yang berbentuk kotak atau bulat tabung seperti resistor. 

Bentuk thermofuse

Thermofuse pada kipas angin adalah komponen listrik yang berfungsi sebagai pengaman jika terjadi beban (daya) berlebih atau panas yang berlebih (over heating). Thermofuse digunakan untuk mengamankan komponen lainnya agar tidak terbakar atau mengalami kerusakan yang lebih parah, khususnya bagian kumparan dinamo motor kipas angin yg merupakan komponen terpenting dan termahal. Tentunya sangat penting untuk thermo fuse di pasang agar komponen terpenting yakni dinamo teramankan dari resiko rusak terbakar sehingga kita akan terhindar dari biaya service yg mahal karena terbakar nya dinamo tersebut. 


Tanda Thermofuse Rusak dan Solusinya


Dari sekian banyak macam-macam kerusakan kipas angin, ada salah satunya disebabkan oleh komponen thermofuse, berikut beberapa tandanya dan cara memperbaikinya. 


Kipas angin mengalami mati total


Kipas angin yg mati total juga bisa disebabkan karena terputusnya thermofuse, dengan terputusnya thermofuse maka itu berarti juga akan terputus aliran listrik pada rangkaian sehingga kipas angin mengalami kerusakan mati total. Disini kita perlu mencari tahu terlebih dahulu masalahnya, thermofuse yg bagus akan bekerja memutuskan arus dalam kondisi tertentu. Jika kita lihat masalahnya maka bisa disimpulkan ada 2 (dua) kemungkinan, bisa thermofuse putus karena memang sudah menjalankan fungsi semestinya atau bisa saja thermofuse rusak dengan sendiri nya. 


Jika menemukan permasalahnya ternyata kerusakan hanya karena komponen thermofuse yg rusak dengan sendiri nya, maka dapat dilakukan langsung penggantian thermofuse yang rusak tersebut dengan komponen thermofuse yang baru tanpa perlu tindakan lebih lanjut. Namun apabila terjadi kerusakan pada thermofuse karena suatu keadaan tertentu semisal karna overheat akibat beban berat ber lebih (biasanya akibat debu atau aus pada as rotor), atau karena ada konslet. maka diperlukan tindakan pencegahan atau perbaikan terlebih dulu sebelum melakukan penggantian thermofuse, karena jika kita langsungkan pemasangan thermofuse lagi, maka hal yg sama akan terjadi lagi dan lagi yakni kerusakan pada thermofuse yg berulang kembali karena sumber masalahnya yg belum terpecahkan atau masih ada. Untuk itulah penting memperbaiki sumber masalah tersebut. 


Overheating


Overheating atau panas berlebih bisa menjadi indikasi apabila thermofuse kipas angin telah rusak. Biasanya akan tercium serasa ada sedikit bau gosong yg terdapat pada spul dinamo. 

Hal ini bisa terjadi akibat dinamo kipas angin terbebani oleh sesuatu sehingga menimbulkan panas berlebih, yg mengakibatkan suhu kerja pada dinamo meningkat drastis sampai pada akhir nya thermofuse bekerja memutus arus karena mendeteksi adanya panas berlebih pada suhu kerja kumparan dinamo. 


Overheating atau panas berlebih bisa disebabkan karena banyak hal. Pada kasus kipas angin ini bisa disebabkan karena as rotor yg seret karena debu yg menyumbat pergerakan dinamo sehingga terjadi panas berlebih, tak jarang juga karena as rotor atau boshing yg memang sudah aus hingga diperlukan penggantian. Termasuk juga terdapat masalah lainnya pada kipas angin yang juga bisa membuat overheat mulai halnya dari kapasitor yg memang sudah harus di ganti hingga dinamo motor penggerak kipas yang sudah short rusak/terbakar kumparan nya. 


Kerusakan pada Spul dinamo


Masalah kerusakan pada thermofuse terkadang juga dapat diindikasikan dengan adanya kerusakan pada spul dinamo kipas angin. Spul dinamo kipas angin biasanya akan terbakar bahkan sampai kawat email pada kumparan berubah warnanya menjadi hitam, karena disebabkan kerusakan pada thermofuse yg tidak bekerja bertindak mengamankan disaat adanya gangguan atau kegagalan tertentu semisal saat terjadi konsleting listrik. Namun kegagalan fungsi kerja thermofuse jarang sekalian terjadi, spul kipas angin yg terbakar umumnya terjadi bukan karena thermofuse yg gagal berfungsi namun karena spul kipas angin itu sendiri tidak dilengkapi pengaman thermofuse. 


Jika hal ini terjadi maka tidak ada jalan lain selain memperbaiki ulang spul, perbaikan spul/dinamo yang dimaksud adalah menggulung ulang kembali dinamo kipas angin yg terbakar tersebut. Untuk proses perbaikan semacam ini Anda tidak dianjurkan untuk melakukan nya sendiri, hal ini karena kerumitan dalam proses tersebut yg memang tidak semua orang bisa melakukan nya, terkecuali jika Anda berencana ingin menggulung ulang coil dinamo sebagai bahan untuk pengalaman dan belajar. Maka mungkin tidak masalah. 


Biasanya proses perbaikan dinamo dikerjakan oleh orang yang ber pengalaman dan memang ahli dibidangnya, istilah jasa rewinding/gulung dinamo mereka yg menawarkan jasa ini. Jika berkenan mungkin anda bisa mengambil jasa layanan mereka atau Anda masih dapat memilih opsi termudah yakni dengan membeli dinamo kipas angin yg baru dipasaran. Namun hal ini kurang begitu di sarankan khususnya bagi anda yg menginginkan durability yg tinggi untuk dinamo kipas angin, itu karena dinamo yg dijual dipasaran umumnya menggunakan kawat aluminium sehingga ketahanan dan keawetannya akan kalah dengan jasa rewinder yg biasa mengganti kawat email dengan tembaga. 



Itulah beberapa penjelasan mengenai tanda kerusakan yg biasa terjadi pada thermofuse beserta cara perbaikan nya. 

Ada banyak sekali jenis kipas angin dipasaran, namun tanda dan cara memperbaikinya akan sama satu dengan yang lainnya. Jangan lupa lakukan perawatan kipas angin Anda dengan baik agar kipas angin awet dan tidak mudah rusak.





0 Response to "Tanda Kerusakan Serta Cara Perbaikan Thermofuse Kipas Angin"

Post a Comment

HTL Responsif Atas Artikel

Unit Iklan 336x280

Unit Iklan Responsif Tengah Artikel

HTL Responsif Bawah Artikel