-->

Unit Iklan Responsif Header

Apa itu listrik dinamis ? Pengertian dan Contohnya

Pada umumnya listrik berdasarkan ilmu fisika dibagi menjadi dua jenis yaitu listrik dinamis dan listrik statis. Untuk kali ini saya akan mebahas tentang listrik dinamis saja untuk yang listrik statis akan saya bahas di artikel saya yang lain saja agar lebih mudah dipahami.

Artikel Terkait : Apa itu listrik statis ? Pengertian dan Contohnya

Pengertian Listrik Dinamis
Listrik dari PLN merupakan listrik dinamis
Listrik dinamis adalah listrik yang dapat bergerak atau berpindah mengalir di dalam sebuah rangkaian listrik. Pergerakannya melalui penghantar (konduktor) yang menghubungkan kedua muatan listrik positif dan negatif. Dan arah gerakan dari muatan listrik biasa disebut dengan arus listrik. Arus listrik ini berasal dari aliran elektron yang berlangsung secara terus-menerus dari kutub negatif ke kutub positif, dari potensial tinggi ke potensial yang lebih rendah dari sumber tegangan (beda potensial). 

Arus listrik itu sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu arus bolak-balik (AC) dan arus searah (DC).

Bila pergerakan dari muatan listrik nya tetap (searah) maka dinamakan arus listrik searah atau Direct Current (DC). Contoh penggunaan listrik dinamis arus DC adalah aki dan baterai.

Sedangkan bila pergerakan dari muatan listrik berubah-ubah atau bolak-balik maka dinamakan arus listrik bolak-balik atau Alternating Current (AC). Contoh penggunaan listrik dinamis arus AC adalah listrik PLN untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

Sedangkan, jumlah arus listrik yang mengalir dalam waktu tertentu disebut dengan kuat arus listrik (I). Sebenarnya listrik dinamis sudah kita jumpai di dalam kehidupan sehari-hari tepatnya barang elektronik seperti televisi, radio, setrika, senter, mobil mainan tamiya dan masih banyak lagi, semua barang ini merupakan contoh dari jenis listrik dinamis.

Oke sekian dulu pembahasan kali ini tentang listrik dinamis dan contohnya, semoga bermanfaat.

Dikutip dari : https://www.ilmusiana.com/2015/10/listrik-dinamis-pengertian-rumus-contoh.html

0 Response to "Apa itu listrik dinamis ? Pengertian dan Contohnya"

Post a Comment

HTL Responsif Atas Artikel

Unit Iklan 336x280

Unit Iklan Responsif Tengah Artikel

HTL Responsif Bawah Artikel