-->

Unit Iklan Responsif Header

Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Tidak Mau Berputar Dan Hanya Berdengung

Kipas angin merupakan salah satu peralatan elektronik yang sangat berguna untuk dipakai di dalam ruangan, khususnya bagi kita yang tinggal di daerah beriklim tropis seperti di indonesia ini yang biasa mengalami cuaca kemarau yang panas dan gerah. Dengan menggunakan kipas angin maka suasana di dalam ruangan akan menjadi lebih sejuk meski di saat cuaca sedang panas dan gerah, jadi kipas angin memang sangatlah cocok untuk digunakan disaat cuaca panas seperti pada saat kemarau tiba.

Karena fungsinya untuk menyejukkan ruangan, kipas angin seringkali dipakai selama berjam-jam lamanya sehingga masalah kerusakan pada kipas angin lebih rentan terjadi jika dibandingkan dengan peralatan listrik rumah tangga lainnya. Salah satu masalah kerusakan pada kipas angin yang biasa terjadi adalah kipas angin tidak mau berputar namun masih disertai suara dengungan dari motor listrik atau dinamo kipas angin tersebut.

Nah, bagi anda yang mungkin mengalami hal ini, maka anda bisa mencoba melakukan perbaikan sendiri dengan mengikuti beberapa cara yang akan saya bahas berikut ini. Hal ini karena kipas angin anda tersebut sebenarnya masih memiliki kemungkinan kerusakan yang kecil dan mudah diperbaiki, tentu tidak ada salahnya untuk anda coba lakukan perbaikan sendiri tanpa terburu-buru membawanya ke tempat service karena bisa saja kerusakannya hanya sepele dan sangat mudah untuk anda perbaiki sendiri.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Tidak Mau Berputar Dan Hanya Berdengung

Masalah kerusakan pada kipas angin yang tidak mau berputar namun masih disertai suara dengungan ini bisa disebabkan oleh beberapa macam hal, bisa jadi karena memang ada salah satu spare part yang rusak dan perlu diganti, atau bisa juga karena faktor masalah lainnya. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Kipas Angin Tidak Mau Berputar Akibat Macet

Kasus kipas angin tidak mau berputar tersebut bisa disebabkan karena memang terdapat kemacetan pada bagian as yang seharusnya putarannya licin atau ringan, untuk mengetahui kemacetan tersebut anda bisa mencoba memutar baling-baling atau batang as kipas angin tersebut, jika setelah dicoba diputar serasa berat atau bahkan tidak mau berputar sama sekali maka sudah pasti kipas angin tersebut mengalami kemacetan sehingga tidak mau berputar saat dinyalakan.

Jika demikian, maka tentunya anda harus mencari letak masalah kemacetan tersebut. Umumnya kemacetan tersebut biasa terjadi akibat gearbox yang rusak. Gearbox ini adalah bagian kipas angin yang fungsinya untuk memutar kepala kipas kekiri dan kekanan (fitur swing).
Letak gearbox
Terkadang penyebab dari kipas angin tidak mau berputar dan hanya mendengung juga bisa dari sini. Biasanya gearbox ini akan rusak dan membuat rotor atau as terhambat sehingga akhirnya tidak dapat berputar dan cuma terdengar suara dengungan saja. Untuk itu cobalah anda copot saja bagian ini lalu kemudian uji dengan menyalakan kipas angin anda, jika kipas angin ternyata langsung bisa berputar maka sudah pasti penyebabnya dari gearbox tersebut. Kalau sudah begini maka jangan pasang lagi gearbox yang rusak tersebut, lakukan penggantian ulang gearbox dengan yang baru jika anda masih ingin memakai fitur swing.

Selain karena disebabkan oleh gearbox, kemacetan pada kipas angin bisa pula disebabkan oleh kotornya bos (semacam bearing pada kipas angin) dan as yang biasanya membuat kipas angin berputar lambat dan tak sedikit juga yang tidak bisa berputar sama sekali karena akibat saking kotornya bos dan as ini.
Jadi anda harus perhatikan baik-baik pada bagian as yang menyentuh bos seperti yang sudah saya jelaskan dengan tanda panah diatas, disitulah biasanya tempat berkumpulnya kotoran seperti debu, potongan rambut bahkan tak jarang juga terdapat sehelai benang yang ikut tersangkut dibagian tersebut, tak hanya bagian bos depan saja biasa bos bagian belakang juga kotor. Jika memang benar terdapat kotoran seperti yang sudah saya sebutkan diatas maka anda harus bersihkan kotoran tersebut secara keseluruhan dengan cara membongkar rumah dinamonya, hal ini penting untuk dilakukan ketimbang hanya memberi minyak pelicin saja tanpa dibersihkan.

Nah ketika semua kotoran tersebut sudah bersih maka segera pasang kembali dan jangan lupa beri minyak pelicin yang cocok misalnya minyak dari mesin jahit merk singer yang memang cocok untuk digunakan pada kipas angin. Dan jangan coba-coba menggunakan minyak yang lengket atau bahkan kotor karena hal ini akan membuat kipas angin anda kembali terhambat atau macet.

Kipas Angin Tetap Tidak Mau Berputar Meski Rotor Atau As Tidak Dalam Kondisi Macet

Tak hanya disebabkan oleh kemacetan saja, kipas angin juga bisa berhenti berputar meski kondisi rotor atau as masih licin atau ringan ketika diputar manual dengan bantuan tangan kosong, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor penyebab lainnya seperti dibawah ini.

As Dan Bos Aus
As (rotor) dan bos (bearing kipas angin)
Selain karena kotor, kipas angin yang tidak mau berputar bisa juga diakibatkan karena kondisi as dan bos yang aus. Karena bagian as dan bos yang telah aus, hal ini membuat posisi as dengan besi kern menjadi tidak sentral sehingga as atau rotor tersebut bergesekan dengan besi kern dan akhirnya terjadi macet ketika posisi kipas angin sedang dinyalakan.

Maka jika anda mendapati bos atau as kipas angin telah aus, langsung saja lakukan penggantian pada bagian atau spare part tersebut supaya kipas angin dapat berputar dengan normal kembali.
Untuk bos atau semacam bearing pada kipas angin ini anda bisa mendapatkannya di toko-toko elektronik khusus peralatan listrik rumah tangga, sedangkan untuk spare part rotor atau as anda bisa mencarinya di tempat penjualan barang bekas atau loakan karena umumnya ditoko-toko elektronik tak menjualnya.

Kapasitor Mati
Letak kapasitor
Kapasitor yang mati akan membuat dinamo tak bisa berputar dan hanya akan berdengung saja, walaupun as dalam kondisi yang baik-baik saja tidak seret atau macet saat diputar manual dengan bantuan tangan. Untuk mengetahui apakah kapasitor telah rusak atau mati anda bisa mengecek kondisinya menggunakan Multitester atau AVO meter.

Apabila kapasitor mati, maka anda tinggal menggantinya dengan ukuran yang sama untuk mengatasi masalah kipas angin yang tidak berputar tersebut.

Motor Atau Dinamo Terbakar
Dinamo kipas angin Maspion
Selain beberapa penyebab diatas yang kerusakannya tergolong cukup mudah untuk diatasi, ada juga penyebab dengan kerusakan yang lebih parah dan sangat sukar untuk diatasi yakni masalah dinamo atau motor listrik yang terbakar. Sebenarnya kipas angin yang tidak mau berputar tersebut bisa juga diakibatkan oleh kerusakan pada lilitan dinamonya.

Dan yang sering terjadi ialah lilitan bantunya yang sudah terbakar, biasanya saat di cek dengan AVO meter ada yang putus di tengah. kerusakan semacam ini sulit untuk diperbaiki, dan mau tidak mau anda harus mengganti ulang dinamonya. Bisa dengan mencari jasa perbaikan dinamo yaitu rewinding atau anda bisa membeli dinamo yang lengkap dengan spare part biasanya sudah termasuk spare part gearbox, kapasitor dan lain-lain yang bisa anda pasang sendiri di rumah.

Oke cukup sekian dulu untuk pembahasan kali ini mengenai cara memperbaiki kipas angin yang tidak mau berputar namun hanya mendengung, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca juga : Cara Memperbaiki Kipas Angin yang putarannya lambat

6 Responses to "Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Tidak Mau Berputar Dan Hanya Berdengung"

  1. sangat bermanfaat sekali artikelnya gan..jadi bisa benerin kipas angin sendiri.. terima kasih ya....
    https://kemanghouseforrent.com

    ReplyDelete
  2. akhir nya nemu juga caranya perbaiki kipas angin di rumah apk

    ReplyDelete
  3. Mantab kak infonya bermanfaat banget, bisa kunjungi juga seputar kipas angin lainnya: Skema kipas angin

    ReplyDelete

HTL Responsif Atas Artikel

Unit Iklan 336x280

Unit Iklan Responsif Tengah Artikel

HTL Responsif Bawah Artikel