-->

Unit Iklan Responsif Header

Mengenal ELCB Dan MCB Serta Perbedaan Fungsi/Kelebihannya

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai ELCB dan MCB serta perbedaan fungsi atau kelebihannya.
Antara MCB dan ELCB, mungkin bagi kebanyakan orang lebih mengenal MCB, ketimbang ELCB, karena pada umumnya alat pengaman listrik yang disebut dengan MCB ini lebih sering digunakan oleh kebanyakan orang. Setiap instalasi listrik baik itu di rumah, di industri ataupun di sebuah perusahaan, pastinya akan dipasang sebuah peralatan pengaman listrik entah itu MCB ataupun ELCB, karena peralatan pengaman listrik diperlukan untuk melindungi kita dari bahaya akibat listrik, dan selain melindungi kita dari bahaya akibat listrik, peralatan pengaman tersebut juga dapat berfungsi untuk mencegah beberapa kerusakan pada berbagai peralatan listrik lainnya.

Peralatan pengaman listrik sengaja dipasang untuk mengamankan instalasi listrik saat terjadi gangguan kelistrikan. Berbagai gangguan kelistrikan yang dapat terjadi pada instalasi listrik, antara lain sebagai berikut :

Lonjakan arus listrik yang disebabkan oleh korsleting listrik atau hubungan pendek arus listrik (short circuit). korsleting listrik tersebut terjadi karena adanya instalasi listrik atau peralatan listrik yang korslet, arus bocor atau rusak.

Terjadinya kelebihan pemakaian daya listrik, atau biasa disebut kelebihan beban (over current). ini terjadi karena pemakaian peralatan listrik terlalu banyak.

Terjadinya kebocoran aliran arus listrik, baik kebocoran listrik yang berasal dari kabel listrik yang terkelupas, atau karena peralatan listrik yang lembab atau rusak.
sehingga akan sangat berbahaya jika kebocoran listrik tersebut tersentuh oleh manusia, karena dapat menimbulkan sengatan listrik.

Semua gangguan kelistrikan ini tentunya sangat berbahaya, misalnya saja korsleting listrik dapat menyebabkan percikan api dan kebakaran, serta dapat membahayakan keselamatan manusia. Untuk memberikan perlindungan dari gangguan kelistrikan tersebut, pada instalasi listrik biasanya akan dipasang alat pengaman yang disebut dengan MCB.

Lalu apakah dengan kita memasang sebuah MCB pada instalasi listrik, dapat memberikan perlindungan dari semua gangguan diatas? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari mengenal lebih dalam tentang MCB pada uraian dibawah ini.

Apa itu MCB?
Source images : www.indiamart.com
MCB atau singkatan dari Miniature Circuit Breaker adalah suatu alat pengaman listrik yang berfungsi untuk memutuskan aliran listrik secara otomatis apabila terjadi beban lebih, yang disebabkan oleh pemakaian daya listrik yang berlebihan, karena sambaran petir, atau karena korsleting listrik atau hubungan pendek arus listrik (short circuit). MCB hanya akan memutuskan aliran listrik saat terjadi lonjakan arus yang melebihi kapasitas dari batasan ukuran MCB tersebut.

Sehingga saat kita tersengat arus listrik karena adanya kebocoran aliran listrik pada instalasi, MCB tidak dapat memberikan perlindungan (memutuskan aliran listrik pada instalasi kita), karena nilai lonjakan arus listrik saat kita tersengat listrik (kesetrum) tersebut sangatlah kecil.

Untuk memberikan perlindungan saat kita tersengat aliran listrik, peralatan pengaman listrik yang diperlukan dan dipasang adalah ELCB, karena ELCB dapat melindungi kita dari bahaya tersengat listrik atau kesetrum.

Apa itu ELCB?
Source images : m.tokopedia.com
ELCB atau singkatan dari Earth Leakage Circuit Breaker adalah suatu alat pengaman listrik yang dapat mencegah resiko bahaya kebocoran listrik yang nilai arus bocornya sangat kecil, fungsi lain dari ELCB yaitu sebagai pengaman listrik saat terjadi beban lebih yang disebabkan oleh pemakaian daya listrik yang berlebihan, atau karena korsleting listrik atau hubungan pendek arus listrik (short circuit) seperti halnya MCB.

Lalu lebih baik manakah penggunaannya, antara MCB atau ELCB?

Setelah mengetahui kemampuannya masing-masing, tentunya menggunakan ELCB lebih baik, karena dapat memberikan perlindungan dari berbagai gangguan dan bahaya listrik, termasuk untuk melindungi kita dari sengatan listrik (kesetrum).

Kesimpulannya adalah antara MCB dan ELCB memiliki fungsi yang sama, perbedaannya terletak pada kelebihan ELCB yang dapat melindungi manusia dari bahaya akibat sengatan listrik (kesetrum).
Pastikan ELCB yang digunakan memiliki sensitifitas <30mA untuk efektivitas penggunaan sebagai pengaman sengatan listrik
Demikian untuk artikel kali ini semoga bermanfaat.

3 Responses to "Mengenal ELCB Dan MCB Serta Perbedaan Fungsi/Kelebihannya"

  1. Kalo dipasang 22nya, Elcb & Mcb bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah bagus mas .. pengamanannya jadi berlipat-lipat..

      Delete
  2. informasi yang bermanfaat dan disampaikan dengan kata-kata dan penjelasan yang mudah difahami, menambah pengetahuan tentang kelistrikan. Untuk Info Listrik lainnya Kunjungi "Voltechno.Net"
    thanks

    ReplyDelete

HTL Responsif Atas Artikel

Unit Iklan 336x280

Unit Iklan Responsif Tengah Artikel

HTL Responsif Bawah Artikel