-->

Unit Iklan Responsif Header

2 Cara Memasang Tabung Dan Otomatis Pada Pompa Air Manual

Pompa air dengan sistem kendali otomatis sangatlah praktis ketika saat digunakan pada media rumah tangga bertingkat maupun bangunan lantai satu saja. Dengan fitur otomatis tekanan air mesin pompa dapat dikontrol untuk hidup mati nya hanya dengan membuka atau menutup kran valve dari mana saja, baik saat digunakan di bak mandi, wastafel atau pada mesin cuci dan tempat penggunan lainnya. 

Bicara tentang pompa air otomatis, di pasaran sendiri juga ada pompa air non otomatis yang sistem kendali hidup mati nya mesin harus dilakukan secara manual yaitu dengan saklar ataupun colokan steker listrik, dengan harga yang dibanderol lebih murah pompa manual ini juga telah mendominasi pasaran. 

Dengan cara dan prinsip kerja yang sama sebagai mana fungsi nya untuk menyuplai air, perbedaan antara pompa air manual dan otomatis terletak pada bagian tabung dan saklar otomatis nya. Sebenarnya hanya dengan menambahkan kedua komponen bagian tersebut pada mesin pompa air manual, maka anda sudah bisa menggunakan pompa air manual tersebut seperti layaknya pada pompa air otomatis. 

Jadi, dengan memasangkan tabung pressure tank dan saklar otomatis pressure switch pada mesin pompa manual anda. Maka pompa air manual anda akan menjadi pompa air otomatis. 

Berikut ini ulasan mengenai cara pemasangan tabung dan otomatis pada pompa air manual. 


Cara Memasang Tabung Dan Otomatis Pada Pompa Air Manual

Berikut ini kami bagikan 2 cara atau opsi pasang pressure switch atau otomatis pompa air agar sistem pompa manual menjadi pompa otomatis.


1. Pemasangan Otomatis (Pressure Switch) Dengan Sambungan TEE Drat

Cara pertama ini merupakan cara memasang pressure switch atau otomatis pompa air dengan sambungan TEE Drat PVC ataupun Kuningan. 

2 Jenis Sambungan TEE Drat

Seperti yang nampak pada gambar diatas, sambungan TEE di atas memiliki 4 cabang, semuanya akan terhubung atau terpasang pada masing-masing komponen atau bagian-bagian pompa air. Untuk lebih jelasnya cara instalasi nya sebagai berikut : 

Cara pasang Tee Drat 

Pada gambar terlihat bahwa sambungan TEE dipasang pada outlet pompa air, lalu kemudian bercabang ke bagian lainnya. Pressure switch terpasang pada cabang sambungan TEE yang kecil, pipa keluaran pompa dipasang pada salah satu cabang dan cabang lainnya ditutup dengan sambungan tabung pressure tank. 


Sementara itu untuk pemasangan instalasi kabel kelistrikan pressure switch sama saja seperti pada otomatis pompa air pada umumnya yaitu satu kabel dari sumber listrik langsung terhubung ke mesin pompa air sedangkan yang satunya lagi terpasang atau terhubung ke input pressure switch terlebih dulu sebelum keluaran dari output pressure switch dihubungkan ke pompa. 


2. Pemasangan Otomatis (Pressure Switch) Pada Tabung Multi Fungsi 


Cara kedua ini merupakan cara memasang pressure switch atau otomatis pompa air yang paling sederhana dan praktis karena tanpa menggunakan sambungan tee drat. 

Cara ini tidak lagi menggunakan sambungan TEE melainkan hanya menggunakan tabung yang telah dilengkapi dengan lubang / cabang untuk memasang pressure switch dan pipa keluaran. Sangat praktis, dengan tabung jenis ini anda tidak memerlukan lagi yang namanya sambungan tee drat. 

Gambar tabung multi fungsi

Untuk pemasangan pada mesin pompa air seperti pada gambar berikut :

Cara pasang tabung pressure tank multifungsi

Dari gambar tabung tersebut terlihat bahwa ada satu cabang kecil yang menjadi tempat terpasangnya pressure switch sedangkan satu cabang lainnya menjadi tempat terpasangnya pipa keluaran air dari mesin pompa. Seperti pada gambar, untuk bagian atas tabung terdapat tutup drat yang bisa anda buka untuk digunakan sebagai pancingan air. 


Untuk pemasangan instalasi kelistrikan pressure switch nya sama saja dengan yang sebelumnya. Tidak ada bedanya. 


Jadi begitu lah cara pasang otomatis dan tabung pada pompa air manual yang sudah disertai pula penjelasan kabel instalasi nya. Oke cukup sekian untuk artikel kali ini semoga dapat dijadikan manfaat. 

Terimakasih~~


0 Response to "2 Cara Memasang Tabung Dan Otomatis Pada Pompa Air Manual"

Post a Comment

HTL Responsif Atas Artikel

Unit Iklan 336x280

Unit Iklan Responsif Tengah Artikel

HTL Responsif Bawah Artikel