-->

Unit Iklan Responsif Header

Bedanya Genset Diesel Dan Genset Bensin

Genset yang merupakan singkatan dari generator set adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk membangkitkan energi listrik. Cara kerjanya adalah dengan merubah energi mekanik atau gerak yang dihasilkan dari mesin melalui pembakaran bahan bakar minyak atau BBM, yang kemudian dirubah menjadi energi listrik dari serangkaian proses induksi magnet pada rotor magnet ke kumparan dinamo. 


Sebagai penghasil energi listrik, genset memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan bahan bakar yang dipakai. Beberapa jenis, diantaranya yaitu genset diesel dan genset bensin. 


Meskipun sama-sama memiliki fungsi sebagai pembangkit energi listrik, namun terdapat beberapa perbedaan mendasar antara genset diesel dan genset bensin. Perbedaan utamanya terlihat pada jenis bahan bakar yang digunakan serta pada kontruksi ruang pembakarannya. 


Untuk genset diesel sendiri merupakan jenis mesin genset yang menggunakan bahan bakar solar. Jenis genset ini rata-rata memiliki kapasitas daya listrik yang relatif lebih besar dari pada genset bensin, yakni daya output yang mencapai hingga 2.000.000 Watt atau 2 Mega Watt. 


Sedangkan untuk genset bensin yang pembakarannya menggunakan bahan bakar bensin. Genset ini hanya memiliki daya output mencapai 10.000 Watt saja. Namun meskipun demikian, genset bensin memiliki suara yang lebih halus jika di bandingkan dengan genset diesel. Lalu tak hanya suara yang dihasilkan lebih halus genset bermesin bensin juga tidak terlalu menimbulkan asap atau emisi karbon yang berlebih seperti halnya pada genset mesin solar. Sehingga dalam penggunan, genset bensin sangat cocok jika digunakan untuk rumah tangga. 


Untuk mengetahui apa saja perbedaan genset diesel dan genset bensin, simak pembahasan lebih lanjut berikut ini.


Perbedaan Utama Genset Diesel Dengan Genset Bensin (Gasoline)

Berikut pada artikel ini akan dibahas tentang perbedaan yang mendasar antara genset diesel dengan genset bensin. Kelebihan serta kekurangan masing-masing kedua jenis mesin genset tersebut. 


Genset Diesel

Genset diesel merupakan mesin pembangkit listrik yang menggunakan bahan bakar solar sebagai bahan pengoperasian nya. Genset diesel mengkonversi solar menjadi energi mekanik melalui proses pembakaran. Mesin diesel memanfaatkan udara yang terkompresi untuk memulai melakukan pembakaran bahan bakar solar. Bahan bakar akan disemprot kan dalam ruang pembakaran hanya pada saat udara terkompresi. 

Jadi pada mesin diesel sendiri tidak ada campuran udara dan bahan bakar diluar silinder. Biasanya genset diesel memiliki silinder sampai 16 silinder bergantung dari merk dan tipe gensetnya. 

Genset diesel dikenal sebagai mesin pembangkit listrik paling handal untuk skala besar dan penggunaan jangka panjang. Genset ini umumnya digunakan oleh banyak orang karena memiliki kapasitas atau daya yang cukup besar.

Terdapat beberapa kapasitas output yang bervariasi pada jenis genset diesel, yaitu mulai dari 5 Kw atau setara dengan 5000 Watt sampai dengan 2 MV atau 2.000.000 Watt. Karena besarnya kapasitas yang dimiliki nya, mesin diesel ini memiliki silinder yang berukuran antara 2 hingga 16.


Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki genset diesel.


Kelebihan Mesin Genset Diesel : 

1. Mesin diesel terkenal akan durabilitasnya yang lebih kuat dan tahan banting

2. Perawatan lebih mudah dari pada mesin bensin karena tidak menggunakan busi

3. Efisiensi bahan bakar yang tinggi

4. Memiliki penggunaan kapasitas daya listrik yang tinggi dibandingkan genset bensin

5. Harga bahan bakar nya lebih murah

6. Torsi yang lebih besar dibanding genset bensin

7. Mesin genset juga terbilang cepat dingin sehingga dapat beroperasi lebih lama


Kekurangan Mesin Genset Diesel : 

1. Harga genset diesel lebih mahal ketimbang genset bensin

2. Memiliki tingkat kebisingan yang tinggi

3. Emisi gas buang genset bermesin diesel lebih banyak sehingga menimbulkan polusi udara

4. Mesin genset diesel memiliki ukuran yang besar dan bobot yang lebih berat


Genset Bensin


Genset bensin atau gasoline adalah genset yang dalam proses bekerja nya menggunakan bahan bakar bensin. Berdasarkan type mesin yang ada, genset bensin terbagi menjadi dua jenis, yaitu genset bensin 2 tak dan genset bensin 4 tak. Perbedaan yang mencolok dari kedua jenis genset tersebut terletak pada bahan bakar yang dipakainya. Dimana pada genset bensin 2 tak memakai bensin campuran. 

Genset bensin bekerja dengan proses pembakaran nya yang diawali karena percikan api pembakaran yang dihasilkan dari busi. Busi pada genset menyuplai listrik tegangan tinggi sehingga menghasilkan percikan bunga api yang kemudian diteruskan untuk melakukan proses pembakaran campuran bensin dan udara terkompresi yang ada di dalam ruang pembakaran. Proses ini terus berlangsung berulang-ulang sampai menghasilkan putaran pada kruk as genset yang kemudian menggerakkan juga rotor pembangkit. 

Proses pembakaran pada genset bensin lebih mulus sehingga kebisingan suaranya sangat rendah. 

Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan genset bensin atau gasoline. 


Kelebihan Mesin Genset Bensin : 

1. Memiliki tingkat kebisingan yang rendah karena mengikuti proses pembakaran nya yang lebih mulus 

2. Mempunyai performa horse power yang besar

3. Mudah dibawa kemana-mana, karena ukuran nya yang relatif kecil

4. Harga genset bensin relatif lebih murah dibanding genset diesel

5. Emisi gas buang genset bensin lebih sedikit


Kekurangan Mesin Genset Bensin : 

1. Mesin bensin lebih cepat panas, sehingga daya tahan atau durability nya tidak sekuat genset diesel yang tergolong bandel

2. Lebih boros terhadap bahan bakar

3. Harga bahan bakar bensin lebih mahal ketimbang bahan bakar jenis solar

4. Tidak memadai untuk kebutuhan daya listrik berkapasitas besar di atas 10.000 watt lebih

5. Perawatan mesin bensin sedikit lebih susah jika dibandingkan mesin genset diesel


Setelah melihat perbedaan dan perbandingan kelebihan serta kekurangan dari kedua jenis mesin genset. Bisa sedikit disimpulkan disini bahwasannya mesin genset bensin lebih efektif dan efisien jika digunakan untuk keperluan ringan semisal pada keperluan rumah tangga. Sedangkan genset diesel lebih cocok dalam penggunaan skala besar serta jangka panjang semisal untuk industri atau kebutuhan lainnya. 

Mengenai perbandingan keduanya untuk lebih lanjut nya bisa anda simpulkan sendiri. 


Oke mungkin cukup sekian pembahasan tentang perbedaan genset diesel dan genset bensin. Semoga bermanfaat.

Terimakasih~~

0 Response to "Bedanya Genset Diesel Dan Genset Bensin"

Post a Comment

HTL Responsif Atas Artikel

Unit Iklan 336x280

Unit Iklan Responsif Tengah Artikel

HTL Responsif Bawah Artikel