-->

Unit Iklan Responsif Header

Cara Modifikasi Pompa Air Manual Menjadi Otomatis

Pompa air merupakan unit peralatan mesin rumah tangga yang sangat berguna sekali di dalam penggunaan nya sehari-hari. Kegunaan nya sangat memudahkan dalam menyalurkan air dari sumber mata air menuju ke tempat penampungan atau toren di rumah. Dengan adanya pompa air, maka kegiatan menimba air di sumur sudah mulai ditinggal kan.


Hingga kini, pompa air telah dikembangkan menjadi unit peralatan mesin rumah tangga listrik yang lebih modern dan praktis. Serta juga lebih variatif untuk memenuhi kebutuhan akan kegunaan nya dalam rumah tangga. 

Jika kita amati dipasaran sudah tersedia pompa air berbagai jenis misalnya jika dibedakan berdasarkan jenis instalasi pompa air ada dua jenis yaitu instalasi pompa air manual dan otomatis. Jika dilihat dari segi cara kerja nya tentu saja pompa air otomatis jauh lebih praktis dalam penggunaan, hal ini berbanding lurus dengan harga yg ditawarkan untuk unit pompa air jenis tersebut. 


Sedangkan pompa air manual dalam segi harganya relatif lebih murah, biasa dipakai untuk konsumen tertentu yang memang tidak memerlukan fitur otomatis. Atau beberapa konsumen terkadang memilih pompa air jenis ini dikarenakan keterbatasan bugdet yang mereka miliki. 

Terkadang tak jarang konsumen yang sebenarnya memiliki minat membeli pompa air jenis otomatis untuk keperluan namun terpaksa membeli pompa air manual dikarenakan bugdet yang tidak mencukupi disaat membeli. Lalu dengan keadaan seperti ini pula terkadang juga mereka berpikir tentang cara menggunakan pompa air jenis manual agar bisa dipakai secara otomatis sebagai opsi lanjutan. 


Mungkinkah anda bertanya-tanya, apakah pompa air jenis manual bisa dimodifikasi atau dirubah menjadi pompa air otomatis? 


Jika iya, bagaimanakah caranya? 


Untuk menjawab pertanyaan diatas maka simak ulasan berikut ini. 


Cara Mengubah Atau Me-Modifikasi Pompa Air Manual Menjadi Otomatis


Sebelum ingin melakukan modifikasi pompa air dari manual menjadi otomatis, anda harus tahu beberapa bagian penting pompa air. Sebenarnya antara pompa air manual dengan otomatis keseluruhan kontruksi bagian komponennya tak jauh berbeda kurang lebih sama, hanya saja yang membedakan darinya adalah pada pompa air otomatis terdapat bagian tambahan yang tidak dimiliki pompa air jenis manual. 


Bagian inilah yang merupakan komponen penting kenapa pompa air jenis otomatis bisa bekerja secara otomatis. 


Salah satu bagian yang membuat pompa air dapat bekerja otomatis adalah pressure switch atau orang-orang menyebutnya dengan “Otomatis”. Sehingga cara mengubah pompa air manual menjadi otomatis adalah dengan memasangkan komponen pressure switch ini. Dengan dipasang nya komponen otomatis (pressure switch) ini maka pompa air manual anda akan bisa dapat bekerja secara otomatis layaknya seperti pompa air jenis otomatis yang umumnya digunakan. 


Namun penting juga diketahui bahwa diperlukan lagi satu bagian yang juga tak kalah penting nya dalam menunjang cara kerja dari bagian otomatis (pressure switch) tersebut. Bagian komponen tambahan penunjang tersebut adalah tabung atau tanki air bisa juga disebut pressure tank yang merupakan komponen penting untuk diharuskan anda gunakan disaat menggunakan pressure switch pada pompa air. 


Anda bisa mendapatkan semua bagian komponen penting pompa air otomatis tersebut di toko terdekat, atau bisa pesan online via marketplace. 

Untuk penggunaan komponen bagian otomatis pompa air anda bisa memilih menggunakan dua opsi berikut ini. 

Opsi pertama 

Opsi kedua 

Masalah kegunaan, kedua opsi pilihan diatas sebenarnya sama saja. namun untuk masalah kepraktisannya. Anda bisa pilih opsi yang pertama, karena selain pemasangan nya yang praktis pada bagian pressure tank ini juga sudah tersedia tempat pancingan tambahan sehingga ini akan memudahkan Anda disaat ingin melakukan proses pemancingan dengan cara pengisian air dari atas tabung air atau pressure tank. 

Untuk pemasangan nya bisa anda lakukan seperti contoh gambar berikut ini. 

Pemasangan kabel listrik pada otomatis dilakukan secara seri dengan salah satu sumber listrik dari PLN. 

Mungkin untuk lebih jelas bisa anda simak artikel berikut ini. 

Artikel Terkait : 2 Cara Memasang Tabung Dan Otomatis Pada Pompa Air Manual

Oke sekian untuk artikel kali ini tentang cara mengubah atau memodifikasi pompa air manual ke otomatis. Semoga bisa dijadikan manfaat. Terimakasih~~



0 Response to "Cara Modifikasi Pompa Air Manual Menjadi Otomatis"

Post a Comment

HTL Responsif Atas Artikel

Unit Iklan 336x280

Unit Iklan Responsif Tengah Artikel

HTL Responsif Bawah Artikel