-->

Unit Iklan Responsif Header

Penyebab Mesin Pompa Air Mati Total Serta Cara Memperbaikinya

Apakah anda pernah mengalami masalah pada mesin pompa anda di rumah yang tidak mau berputar dan bahkan tidak ada respon sama sekali saat dinyalakan? Jika pernah, maka itu menandakan bahwa mesin pompa air anda sedang mengalami kerusakan mati total. Istilah atau kasus mati total disini adalah mesin pompa air tidak mau bekerja atau berputar sama sekali dan tidak ada respon suara dengungan atau semacamnya saat dinyalakan.
Source images : homeguide.com
Umumnya kerusakan mati total pada pompa air biasa disebabkan karena adanya jalur kelistrikan yang putus, letak kerusakan atau putusnya jalur kelistrikan ini bisa terjadi dimana saja sehingga anda perlu melakukan pengecekan terhadap semua jalurnya. Memang sebuah pengecekan sangatlah dibutuhkan untuk menangani kasus pompa air yang mati total ini, perlu juga anda ketahui bahwa sebenarnya banyak sekali penyebab-penyebab yang bisa membuat pompa air mati secara total dan dari berbagai macam penyebab kerusakan tersebut sebenarnya memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi dalam hal perbaikannya, ada yang mudah dan ada juga yang bahkan sulit tergantung seberapa parah kerusakannya.

Bagi anda yang masih awam mungkin akan kesulitan dalam menganalisa penyebab- penyebab kerusakan pada mesin pompa air yang mati total tersebut. Nah dibawah ini adalah beberapa ulasan mengenai beberapa penyebab pompa air mati total dengan disertai cara perbaikannya yang bisa anda simak untuk mengatasi masalah mesin pompa air anda yang mati total.

Penyebab Mesin Pompa Air Mati Total Serta Cara Memperbaikinya

Putusnya Jalur Instalasi Pada Saklar, Kabel Power Dll
Gambar ilustrasi mengecek kabel
Source images : www.indiamart.com
Kasus pompa air yang mati total bisa disebabkan oleh adanya jalur instalasi yang putus pada bagian baik saklar maupun kabel power (colokan) atau kabel yang ada sepanjang instalasi yang menuju ke pompa air. Untuk itu, cobalah anda lakukan pengecekan terlebih dahulu pada jalur instalasi ini karena biasanya terdapat kerusakan pada komponen saklar maupun kabel listriknya sehingga membuat mesin pompa air tak mampu bekerja.

Pengecekannya sendiri bisa anda lakukan dengan menggunakan alat bantu seperti Tespen atau Multitester untuk mengecek putus atau tidaknya kondisi kabel, begitu juga dengan saklar dan kabel power atau colokan listriknya apakah masih berfungsi atau sudah putus. Jika setelah diperiksa dan ternyata hasilnya tidak terdapat kerusakan atau jalur instalasi yang mengalami putus, maka langsung saja anda periksa pada bagian lainnya yaitu pada bagian mesin pompa airnya.

Saklar Otomatis Rusak
Source images : www.amazon.in
Beberapa jenis atau type pompa air ada juga yang telah dilengkapi dengan fitur pressure switch (saklar otomatis tekanan air) atau sistem otomatis tambahan lainnya seperti otomatis pelampung yang biasa berada di atas wadah penampungan air, Nah fitur saklar otomatis tersebut biasanya juga mengalami masalah putus atau rusak. Untuk itu, lakukan juga pengecekan di bagian fitur otomatis ini jika pompa air anda termasuk jenis yang memakai fitur tersebut, umumya kerusakan di bagian fitur ini biasanya ditandai dengan kondisi yang sudah berkarat pada konektornya sehingga tidak bisa meneruskan aliran listrik.

Namun untuk lebih jelasnya anda bisa menggunakan alat bantu Multitester untuk mengecek kondisi dari saklar otomatis  tersebut. Jika setelah diperiksa ternyata memang terdapat kerusakan pada bagian ini maka untuk cara mengatasinya adalah dengan mengganti ulang saklar otomatis tersebut atau jika anda tidak ingin menggunakan saklar otomatis ini lagi maka anda bisa menonaktifkannya atau tidak menggunakan saklar ini dengan cara menjumper atau menghubungkan langsung masing-masing ujung kabel yang mengarah pada saklar ini.

Meski cara pengecekan menggunakan metode diatas sebenarnya lebih mudah, namun sebenarnya cara yang paling sederhana dan mudah untuk memastikan kondisi saklar otomatis adalah dengan mencoba melangsungkan jalur kabel atau istilahnya menjumper pada bagian kabel yang mengarah ke saklar otomatis tersebut. Nah setelah sambungan kabel pada saklar otomatis dijumper maka cobalah anda nyalakan mesin pompa airnya, jika ternyata mesin pompa air bisa  bekerja maka dalam hal ini dapat dipastikan bahwa kerusakan ada pada saklar otomatis tersebut.

Dinamo Atau Motor Listrik Terbakar
Gambar dinamo terbakar
Source images : shopsmith.com
Selain dari beberapa penyebab mesin pompa air mati total diatas, ada juga penyebab lainnya yang bisa dikategorikan sebagai penyebab yang paling sulit untuk diatasi dan kerusakannya pun termasuk yang paling parah yakni dinamo atau motor listrik telah terbakar, kumparan pada dinamo yang terbakar biasanya telah terputus sehingga membuat mesin pompa air mati total.

Bukannya tanpa sebuah sebab, kasus motor dinamo bisa terbakar ini umumnya terjadi karena kelalaian kita sendiri, misalnya mesin pompa air terendam air akibat hujan deras atau karena terjadi kemacetan namun tetap dibiarkan. Dinamo atau motor listrik yang sudah terbakar biasanya akan sangat mudah dikenali dengan adanya bagian kumparan yang gosong atau tercium bau seperti terbakar. Kondisi motor listrik atau dinamo juga bisa anda cek dengan bantuan Multitester untuk mengetahui apakah dinamo masih dalam keadaan nyambung atau putus.

Apabila keadaan dinamo atau motor listrik telah terbakar maka solusi yang terbaik adalah dengan mengganti ulang dinamo atau motor listrik tersebut. Istilah yang umum dikenal di masyarakat adalah menggulung dinamo atau rewinding yang biasa dikerjakan oleh seorang tenaga ahli yang berpengalaman di bidang ini dan memang dalam hal menggulung dinamo ini sebenarnya tidak semua orang mampu, akan tetapi pada umumnya sudah ada jasa perbaikan dinamo atau menggulung dinamo ini di berbagai tempat servis elektronik, jadi untuk masalah perbaikan dinamo mesin pompa air anda bisa langsung mempercayakannya pada jasa rewinding tersebut apabila anda sendiri tidak mampu melakukannya.

Baiklah mungkin cukup sekian dulu untuk artikel kali ini, semoga semua ulasan saya bisa bermanfaat untuk anda semua, apabila ada sesuatu yang ingin anda sampaikan maka silahkan tuliskan pada kotak komentar di bawah.

0 Response to "Penyebab Mesin Pompa Air Mati Total Serta Cara Memperbaikinya"

Post a Comment

HTL Responsif Atas Artikel

Unit Iklan 336x280

Unit Iklan Responsif Tengah Artikel

HTL Responsif Bawah Artikel